Welcome to www.winkamaru.com

Pedoman Copas

Di beberapa kesempatan saya telah menulis ulasan mengenai tindakan aktivitas copy paste artikel blog.

Secara garis besar saya memang tidak melarang sebuah artikel blog di copy paste lalu di posting ke dalam blog sendiri. Termasuk saya juga tidak bisa melarang apabila ada calon copaser yang hendak meng-copas artikel blog saya di winkamaru.com ke dalam blog miliknya.

Saya tidak melarang hal tersebut selama hal tersebut dilakukan dengan etis dan cukup beretika.

Oleh karenanya, menindaklanjuti hal tersebut saya membuat 'pedoman copas' ini sebagai pemberitahuan dan hal-hal yang boleh dilakukan apabila hendak melakukan copy paste artikel di blog ini.

Pedoman Copas Blog winkamaru.com:

1. Dilarang Copas Sama Persis

Copas sama persis adalah copy paste artikel di dalam blog ini ke blog milik sendiri tanpa mengubah sedikit pun isi di dalam artikel yang dipublikasikan sebelumnya oleh winkamaru.com.

Jika mau silakan melakukan copas dengan mengubah seluruh pembahasan, baik kalimat dan paragraf ke dalam gaya penulisan sendiri. Ubah seluruh kalimat dan paragraf sehingga blog tidak mengalami duplikat konten dengan isi artikel dalam blog ini.

Sebab hal tersebut secara tidak langsung dapat membuat blog ini mengalami kerugian sebab akan dideteksi memiliki 'duplikat konten' oleh mesin pencari sehingga blog saya akan sulit ditemukan di mesin pencari termasuk blog anda.

Untuk kenyamanan, saya telah memberikan kelonggaran kepada anda meng-copas artikel saya, sehingganya sebagai balas budi dimohonkan untuk tidak merusak citra blog saya di mata mesin pencari dengan tidak melakukan copas sama persis.

Mohon perhatikan poin ini dengan etika yang etis.

2. Ubah Gambar Artikel dengan Gambar Milik Sendiri

Dalam artikel blog winkamaru.com biasanya saya selalu menempatkan satu atau beberapa gambar dalam postingan.

Oleh karenanya selain anda diharuskan mengedit seluruh kalimat dan paragraf supaya tidak sama persis dengan isi artikel di blog ini, seperti yang dibahas pada poin satu di atas.

Anda juga harus mengubah gambar postingan dengan gambar milik sendiri. Silakan mengambil dari layanan gambar gratis seperti di pixabay atau membuat ilustrasi gambar sendiri. Sehingga konten blog anda akan lebih baik.

3. Lebih Baik Silakan Mengutip Saja

Meski saya tidak melarang anda melakukan copy paste artikel di blog ini sesuai dua ketentuan di atas. Saya sangat menyarankan apabila bisa! Silakan mengambil beberapa kutipan dalam artikel saya sebagai referensi untuk artikel di blog anda.

Tidak dengan meng-copy paste seluruh isi artikel!

Silakan lakukan persis seperti mengutip buku, makalah dan skripsi sehingga artikel blog anda akan lebih baik dan menunjukan etika yang cukup etis sebagai seorang blogger atau narablog.

4. Sertakan Link Referensi / Sumber Ke Artikel Asli

Khusus untuk yang melakukan tindakan copy paste sesuai ketentuan pada poin 1 dan poin 2. Saya sangat mewajibkan anda untuk menyertakan sumber artikel di akhir postingan. Sumber artikel tersebut harus dengan link hidup menuju ke artikel asli yang di copas.

Sementara yang melakukan poin 3, saya tidak mewajibkan anda untuk menambahkan link referensi ke artikel asli. Sebab kutipan yang anda tulis sudah cukup merekomendasikan blog ini untuk dikenal oleh pembaca blog lain melalui artikel blog anda.

Namun jika anda ingin menautkan salah satu link ke artikel blog saya, saya sangat berterima kasih.

Sebab dengan begitu anda memberikan backlink ke blog ini. Dan itu akan menguntungkan ke dua belah pihak saya dan anda selama artikel yang ditulis tersebut cukup relevan.

Saya pun mengakui bahwa artikel di blog winkamaru.com tidak semuanya berdasarkan pemikiran sendiri. Beberapa diantaranya didapatkan dari sumber bacaan online maupun offline seperti buku.

Namun sebisa mungkin saya menghindari copas dan menulis artikel secara mandiri sehingga konten blog terjaga ke-orisinalitasnya.

Demikian 'pedoman copas' ini saya buat untuk menjalani hubungan simbiosis mutualisme sesama blogger.

Note!
Bagi yang melakukan tindakan copy paste tanpa mengindahkan 4 poin di atas! Maka akan dilaporkan melalui Google DMCA sehingga artikel blog anda akan terkena pinalti di mesin pencari dan berdampak buruk bagi kelangsungan blog anda.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik! Saya sebagai pemilik blog ini mengucapkan banyak-banyak terima kasih!