Welcome to www.winkamaru.com

Belajar Bahasa Taliabu Bisa Dimulai dengan Kamus Daring


Belajar bahasa taliabu merupakan salah satu langkah mandiri yang sebaiknya dipupuk sejak dini oleh generasi muda 'pemuda/i' orang taliabu. Langkah ini adalah sebuah bentuk perjuangan nyata dalam melestarikan bahasa daerah taliabu.

Meski belum ada penelitian yang mengukur bagaimana persentase penggunaan bahasa taliabu oleh orang-orang di taliabu, setidaknya kita melihat bahwa kondisi bahasa taliabu saat ini nampaknya mulai jarang digunakan bahkan penggunaan bahasa suku pendatanglah seperti: bahasa buton / wakatobi yang lebih mendominasi di daerah ini.

Salah satu tulisan yang dimuat oleh mongabay.com mengutip hasil wawancara pria bernama Dahang seorang tetua di desa talo menyayangkan bahwa sudah banyak generasi muda mereka yang tidak lagi paham dengan budaya sendiri dan bahkan banyak yang tidak lagi menguasai bahasa daerah taliabu akibat pengaruh bahasa indonesia yang diajarkan sejak kecil lebih intens ketimbang bahasa daerah taliabu itu sendiri.

Apalagi kita ketahui bersama bahwa penggunaan bahasa daerah taliabu yang cenderung terisolasi dalam sebuah komunitas-komunitas kecil seperti perkumpulan atau desa-desa dengan mayoritas masyarakat pribumi, membangun sebuah stereotip bahwa bahasa daerah taliabu adalah bahasa rahasia yang privasi nya cenderung khusus hanya boleh digunakan oleh masyarakat pribumi saja.

Kondisi seperti ini sebaiknya tidak menjadi paham yang diterima secara mutlak. Siapapun mereka, pribumi atau masyarakat pendatang yang telah mendiami negeri taliabu dan mereka yang telah mengakui diri sebagai orang taliabu sebaiknya sepakat bahwa belajar bahasa daerah taliabu adalah hak semua orang taliabu tanpa terkecuali.

Malu tidak bisa berbahasa taliabu sebaiknya yang menjadi pedoman mutlak. Dengan demikian, upaya untuk mempelajari bahasa daerah taliabu menjadi tanggung jawab mandiri serta bentuk kepedulian, dan cinta daerah.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa taliabu?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa taliabu. Namun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa taliabu adalah melalui kamus bahasa daerah taliabu daring.

Source: kamus-bahasa-taliabu.com

Kamus Bahasa Daerah Taliabu Daring
Kamus bahasa daerah taliabu daring (online) adalah kamus bahasa daerah taliabu pertama yang dibangun berbasis web sehingga dapat diakses menggunakan web browser baik melalui perangkat desktop maupun perangkat mobile serta dapat diakses gratis selama pengguna memiliki akses ke internet.

Ada beberapa fitur utama yang diusung pada aplikasi web kamus bahasa daerah taliabu ini.


Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  1. Pencarian Kata Indonesia - Taliabu (Mencari kata dalam bahasa indonesia yang ingin diketahui arti dalam bahasa taliabu).
  2. Pencarian Kata Taliabu - Indonesia (Mencari kata dalam bahasa taliabu untuk diketahui arti dalam bahasa Indonesia)
  3. Arti Kata (Fitur ini akan menampilkan arti kata yang dicari pada kamus bahasa taliabu)
  4. Kamus (fitur ini khusus untuk mengakses kamus berdasarkan abjad (A - Z)

Sekilas Mengenai Kamu Bahasa Daerah Taliabu Daring
Kamus bahasa daerah taliabu menurut pengamatan penulis dibangun untuk tujuan edukasi dan penelitian serta masih dalam tahap beta atau masih akan terus dikembangkan menjadi lebih baik. Kamus daring ini disponsori langsung oleh RistekDikti dan Universitas Khairun seperti terlihat pada gambar di bawah:

Gambar: Sponsor Kamus Bahasa Daerah Taliabu Daring (Online)

Selain itu, kamus ini juga memiliki fitur daftar member yang mungkin saja digunakan oleh TIM Penyusun sebagai salah satu cara mendapatkan sumbangsi kosa kata dari masyarakat atau entahlah belum dapat dikonfirmasi secara jelas.

Hanya saja pemanfaatan kamus bahasa daerah taliabu daring ini bisa membantu sobat orang taliabu untuk belajar bahasa taliabu.

Meski demikian, karena masih dalam tahap beta / penyempurnaan aplikasi web kamus bahasa daerah taliabu ini mungkin belum maksimal dan masih terdapat banyak kekurangan.

Semoga aplikasi web kamus bahasa daerah taliabu ini bisa terus dikembangkan oleh TIM Penyusun dan Pengembangnya serta dapat menjadi salah satu sumber referensi online untuk belajar bahasa taliabu.