Welcome to www.winkamaru.com

Cara Dapat Honor dari Menulis di Mojok


Menulis di mojok bukan berarti Anda menulis di pojokan. Melainkan Anda menulis sebuah cerita atau opini Anda yang dikemas unik kemudian dipublikasikan secara online melalui Mojok.co lalu mendapatkan imbalan berupa bayaran.

Saya sendiri sebenarnya belum pernah merasakan bagaimana menikmati honor menulis di mojok karena selama ini belum pernah mencobanya. Alasan utamanya adalah belum memiliki kepercayaan diri untuk menulis di mojok dengan banyak alasan. Salah satunya sudah tentu kemampuan menulis yang masih bisa dibilang. Biasa saja!

Namun, bagi teman pembaca yang kebetulan mampir pada postingan saya ini. Juga termasuk seorang yang ingin tahu mengenai honor menulis di mojok dan ingin menjajal nya sebagai alternatif lain mendapatkan uang dari menulis cerita.

Maka untuk mendapatkan honor menulis di mojok Anda harus mengikuti beberapa persyaratan berikut:

Pertama, Buatlah sebuah naskah tulisan, pertanyaan atau komik ke email redaksi resmi mojok.co melalui redaksi@mojok.co dengan subjek sesuai nama rubrik atau jenis tulisan yang diterima pihak mojok.com. Diantaranya: Esai, Rerasan, Konter, Otomojok, dan Curhat.

Kedua, Seluruh tulisan maupun gambar yang dikirimkan akan tetap menjadi hak milik kontributor (Anda). Namun tulisan atau gambar yang dikirimkan akan melalui tahap proses. Jika diputuskan layak muat barulah pihak mojok akan menghubungi atau membalas email Anda.

Ketiga, Setiap kontributor yang karyanya dimuat di Mojok berhak mendapatkan honorium. Namun pihak mojok tidak menjelaskan secara detail nominal yang akan didapatkan. Tetapi mereka mengklaim bahwa honor yang akan didapatkan jumlahnya bisa mencukupi Anda bila hanya sekadar ajak pacar atau gebetan makan di rumah makan yang elit.

Penting: Semua jenis rubrik akan mendapatkan honorium, kecuali rubrik curhat. Artinya jika ingin mendapatkan honor menulis di mojok maka Anda diwajibkan mengirim naskah dan bukan curhat atau pertanyaan.

Keempat, Meski karya Anda telah dimuat oleh mojok, Anda masih dibolehkan menerbitkan karya Anda di tempat lain minimal setelah satu minggu tayang di mojok serta mencantumkan bahwa karya tersebut sudah pernah ditayangkan di mojok.

Kelima, Bila dalam waktu seminggu naskah tulisan yang dikirimkan ke mojok belum mendapatkan balasan. Maka Anda berhak untuk mengirimkan tulisan tersebut ke media lain.

Keenam, Setiap karya dalam bentuk tulisan, diharapkan ditulis menggunakan pengolah Ms. Word atau dalam format .doc atau .docx.

Ketujuh, Sebelum tulisan maupun gambar Anda ditayangkan oleh pihak mojok. Maka biasanya akan melalui proses penyuntingan terlebih dahulu.

Kedelapan, Bagi calon penulis baru di mojok. Wajib mengirimkan lampiran identitas seperti: scan KTP dan NPWP (jika ada), nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi serta profil singkat.

Kesembilan, Bagi calon penulis baru maka Anda diwajibkan mencantumkan nomor rekening disertai nama bank, nama KCP Bank, serta nama nasabah melalui badan email saat mengirim naskah tulisan. Ini dilakukan apabila tulisan Anda lolos dan diterbitkan maka honorium langsung bisa dibayarkan.

Jenis Tulisan yang Diterima Mojok.co

1. Esai
Rubrik esai di mojok akan tayang setiap hari. Artinya jika anda senang dan menyukai menulis esai maka ini adalah kesempatan baik. Sebab anda dapat mengirimkan tulisan anda setiap hari kepada pihak mojok.

Tulisan esai yang dikirimkan dapat berisi hal-hal menarik mengenai persoalan apa saja. Bisa tentang isu-isu yang sedang kontekstual atau pun sesuatu yang dianggap perlu untuk dituliskan. Tema bebas baik sosial, agama, politik, dan seni adalah pilihan kreativitas anda.

2. Rerasan
Untuk jenis rubrik ini. Mojok membatasinya seminggu sekali. Rubrik ini sebenarnya sama saja dengan rubrik esai yang membedakannya hanyalah pada penggunaan bahasa tulis yang digunakan. Rubrik rerasan harus ditulis dalam bahasa jawa.

3. Konter
Jenis rubrik ini juga hanya tayang seminggu sekali. Pada rubrik ini jenis tulisan yang diterima membahas persoalan teknologi utamanya gadget. Jenis tulisan pada rubrik konter bisa berupa review hape, jam tangan, konsol game, dan sejenisnya.

4. Otomojok
Lagi, rubrik ini juga hanya tayang seminggu sekali. Jenis tulisan untuk rubrik otomojok membahas tentang dunia otomotif seperti review kendaraan atau pengalaman menggunakan kendaraan, dari mulai mobil, motor, truk. bahkan kapal maupun helikopter,

5. Curhat
Selain naskah tulisan. Mojok juga membuat rubrik curhat yang menerima tanya jawab seputar kehidupan asmara atau pun tentang kehidupan dan dijawab dengan penuh cinta kasih oleh redaktur. Namun khusus untuk rubrik curhat anda tidak akan mendapatkan honorium di mojok.

Demikian informasi sederhana mengenai cara mendapatkan honor menulis di mojok. Semoga berkesan, bermanfaat dan informatif untuk anda.