Welcome to www.winkamaru.com

Sejarah, Makna dan Arti Sumpah Pemuda


Sejatinya sejarah lahirnya sumpah pemuda merupakan sebuah hasil keputusan dalam Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, 27 - 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Replika Suasana Kongres Pemuda Kedua di Jakarta - Gambar: hai.grid.id

Dalam hasil keputusan Kongres Pemuda Kedua tersebut! Menegaskan sebuah rumusan cita-cita kemerdekaan Indonesia melalui akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Ketiga rumusan ini diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan sebisa mungkin untuk disiarkan baik melalui surat kabar dan dibacakan dalam rapat perkumpulan-perkumpulan setiap organisasi pemuda Indonesia dalam maupun luar negeri.


Hingga akhirnya hasil keputusan dalam kongres pemuda tersebut melahirkan istilah baru yang disebut sebagai ikrar atau sumpah pemuda Indonesia yang merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Bunyi naskah sumpah pemuda sebelum perubahan ditulis dengan ejaan Van Ophuijsen atau sebuah ejaan untuk menuliskan kata-kata melayu dengan model yang dimengerti oleh Belanda.

Berikut bunyi naskah asli sumpah pemuda:

PERTAMA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA
KEDOEA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
KETIGA:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJONDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Naskah asli sumpah pemuda - Gambar: kochiefrog.com

Setelah perubahan mengikuti ejaan yang disempurnakan atau sesuai dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kini Naskah tersebut berbunyi:

Sumpah Pemuda
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Arti dan Makna Sumpah Pemuda

1. Arti 'Sumpah Pemuda' Bagi Bangsa Indonesia

Arti sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia tentunya sebagai salah satu peristiwa penting dalam mendorong semangat perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia yang berdikari, beridentitas dan berbudaya.

Langkah ini adalah bentuk perjuangan pemuda Indonesia dalam membakar semangat perjuangan kebangsaan dan cita-cita yang luhur untuk menyatukan kekuatan bangsa mencapai Indonesia yang kuat dan maju. Dibangun dari fondasi kokoh yang mengikat kebersamaan dan cinta kebangsaan.

Dimana hal tersebut secara tidak langsung mempersatukan banyak perbedaan baik Agama, Ras dan Golongan, Kebudayaan serta segala hal di tanah Nusantara untuk membangun semangat kebangsaan dan cita-cita luhur pancasila tentang persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

"Naskah sumpah pemuda adalah sebuah teks dan puisi sakti yang memiliki kekuatan magis nya sendiri bagi bangsa Indonesia" - Win Kamaru


2. Makna Sumpah Pemuda

Saya cenderung menginterpretasikan teks sumpah pemuda sebagai sebuah puisi yang memiliki kekuatan magis. Ibarat sebuah mantra yang mampu memberikan sugesti positif terhadap pemuda bangsa Indonesia waktu itu dalam upaya mencapai kemerdekaan Indonesia.

Baris Pertama
Pada baris pertama ini, terutama yang terkandung dalam kalimat "Bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia". Dapat dimaknai sebagai ikrar kebersamaan dan persatuan dalam mewujudkan kehidupan bernegara yang baik dan patriotik dalam bersungguh-sungguh membangun kekuatan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga titik darah penghabisan.

Baris Kedua
Pada baris kedua sumpah pemuda yang berbunyi "Berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia" adalah sebuah penegasan keberagaman bangsa keturunan di Indonesia dan pribumi sebagai satu bangsa yaitu bangsa Indonesia. Pada ikrar yang kedua setiap pemuda Indonesia mengakui bahwa meski berasal dari suku, agama, dan kebudayaan yang berbeda-beda kita mengakui bahwa setiap kita di Indonesia adalah berbangsa satu yakni bangsa Indonesia.

Baris ikrar 'sumpah pemuda' kedua ini secara lantang menegaskan adanya persatuan dan toleransi yang kokoh dalam bingkai kebangsaan. Bangsa Indonesia.

Baris Ketiga
Pada baris ketiga yang terkandung dalam kalimat "Menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia". Menegaskan sebuah kebersamaan bahwa Bangsa Indonesia memiliki bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia dan merupakan sebuah identitas bangsa serta sangat penting untuk dijunjung tinggi dalam kehidupan kebangsaan di Indonesia.

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 - 2019 | Bersatu untuk Maju, Indonesiaku!

Video Apresiasi Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 - SMA Negeri 1 Taliabu Barat. - Oktober 2019