Welcome to www.winkamaru.com

Bagaimana Mengganti Blogspot Menjadi .COM?


Bagaimana Mengganti Blogspot Menjadi .COM? – Anda mungkin saja adalah seorang blogger yang memiliki keinginan untuk mengganti atau mengubah alamat situs blog Anda dengan nama khusus. Seperti bloganda.blogspot.com menjadi bloganda.com.

Jika benar demikian maka langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembelian sebuah domain khusus untuk blog Anda.

Untuk mengganti alamat blogspot Anda, maka Anda perlu membeli sebuah domain khusus untuk sebuah nama alamat situs (blog) Anda misalnya: ‘bloganda.com’.

Ada banyak pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan di antaranya:
  • .com (sebuah domain komersial) dan sangat populer digunakan di dunia
  • .Id (sebuah domain khusus untuk personal maupun bisnis) juga saat ini cukup populer digunakan di Indonesia.
  • .xyz (sebuah ekstensi domain murah) yang umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau di antara 10 hingga 15 ribuan saja.
  • .net (domain khusus topik networking atau jaringan) juga merupakan domain yang banyak digunakan di dunia.

Tidak hanya ke empat ekstensi domain di atas saja yang bisa Anda pilih. Hanya saja jika Anda seorang blogger maka domain yang mungkin menarik perhatian Anda adalah domain ber-ekstensi .com dan .id.

Karena telah cukup populer dan menjadi sebuah nama domain yang banyak digunakan di dunia dan di Indonesia.

Tidak ada ruginya menggunakan domain khusus untuk blog, justru hal tersebut akan berdampak baik bagi blog Anda ke depannya. Ini dikarenakan blog Anda akan mendapatkan manfaat khusus dan tingkat kepercayaan yang baik di mata pengunjung situs terutama untuk membangun branding.

Harga Domain
  • .COM – Umumnya harga domain ini dapat dibeli pada kisaran harga sekitar Rp 125.000,- per tahun berlangganan.
  • .ID – Domain Indonesia ini dijual dengan harga yang lebih tinggi dengan kisaran harga mulai Rp 250.000,- – Rp 500.000,- per tahun berlangganan, itu pun jika tidak dalam keadaan promo.
  • .XYZ – Umumnya bisa didapat dengan harga Rp 10.000,- – Rp 15.000,- untuk berlangganan di tahun pertama. Untuk perpanjangan tahun ke dua atau seterusnya harga domain ini biasanya setara seperti harga domain .COM.

Tiap-tiap domain memiliki harga yang berbeda! Jadi, silakan menentukan minat Anda lalu belilah domain khusus untuk sebuah nama alamat situs (blog) Anda saat ini.

Semisal: namablog.com atau namablog.id, dll.

Pilihlah satu yang sesuai minat dan keinginan Anda. Jika sudah silakan cari beberapa situs layanan web hosting untuk membeli domain untuk nama situs (blog) Anda.

Daftar Situs Web Hosting Indonesia untuk Membeli Domain

1. Exbaytes.co.id

Di exabyates.co.id Anda bisa membeli sebuah domain untuk blog Anda dengan beragam pilihan pembayaran. Salah satunya bisa melalui transfer bank (ATM/Via Teller) sehingga tidak terlalu merepotkan bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit.

Baca Selengkapnya:

2. Niagahoster.co.id

Sama halnya seperti exabytes.co.id. Niagahoster juga merupakan salah satu perusahaan layanan web hosting Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk membeli domain yang Anda inginkan.

Anda bisa memilih metode pembayaran seperti:
  • Transfer Bank
  • Gerai AlfaMart, Indomaret, juga
  • Kartu Kredit, Paypal, dll.

Baca Selengkapnya:

N.B
Jadi setelah membeli domain Anda di salah satu layanan web hosting di atas. Selanjutnya Anda hanya perlu menghubungkan domain tersebut ke situs blogspot Anda. Sehingga nama atau alamat situs blog Anda tidak lagi menggandeng nama blogspot seperti nama blog ini yang dapat diakses langsung ke halaman winkamaru.com tanpa lagi ada blogspot-nya.

Demikian ulasan ini, silakan mengikuti beberapa tautan link penting di atas mengenai cara membeli domain dan cara mengaktifkannya untuk dihubungkan dan mengganti blogspot menjadi nama situs blog yang mandiri.

Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika beberapa pembahasan dipisahkan ke dalam postingan yang berbeda. Ini dilakukan sebagai penyederhanaan agar pembaca mendapatkan pengalaman yang berbeda untuk setiap pembahasannya.

Sekian...