Welcome to www.winkamaru.com

Keuntungan Menggunakan Domain Premium


Keuntungan Menggunakan Domain Premium – Domain adalah sebuah identitas dari nama atau alamat sebuah situs web yang secara khusus sengaja dibuat atau didaftarkan pembuatnya dengan tujuan dan alasan yang beragam. Salah satunya tentu saja sebagai sebuah nama atau alamat situs.

Meski demikian, menggunakan domain khusus untuk blog memiliki beberapa keunggulan dan keuntungan tersendiri. Beberapa keuntungan menggunakan domain untuk blog atau situs web Anda di antaranya adalah:

1. Mudah Diingat Pengunjung

Nama sebuah domain yang unik umumnya secara khusus akan mudah diingat oleh pengunjungnya. Sehingga jika pengunjung dalam satu kesempatan pernah mengunjungi sebuah situs web umumnya mereka akan mencoba mengingat alamat situs web tersebut jika suatu waktu akan mengunjunginya lagi.

Hal ini sangat baik dan sebuah potensi yang cukup bermanfaat dalam mempengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung dan tingkat popularitas sebuah blog. Apalagi jika isi blog tersebut menyajikan informasi segar dan sangat dibutuhkan oleh pembaca yang pernah berkunjung.

Tentu akan berdampak baik bagi kelangsungan blog ke depannya.


2. Sebagai Identitas situs yang Bernilai Branding

Sebuah nama untuk domain umumnya akan menjadi identitas dan akan memiliki nilai branding terutama di mata para pengunjung atau pembacanya. Ini tentu saja akan sangat bermanfaat terutama bagi blog atau situs bisnis yang akan membangun branding bisnisnya.

Contohnya situs-situs yang membangun branding sebagai situs toko online diantaranya: shopee, bukalapak, tokopedia, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Dengan manfaat tersebut maka pemilihan dan penggunaan nama domain yang tepat berdasarkan visi-misi sebuah situs web atau blog. Maka dengan sendirinya situs atau blog akan mendapatkan nama dan memiliki kesan tersendiri oleh pengunjungnya.

3. Mendapatkan Kepercayaan Pembaca / Pengunjung

Umumnya sebuah situs web maupun blog yang menggunakan domain khusus bagi blog maupun situs webnya biasanya akan mendapatkan poin plus berupa kepercayaan oleh pembaca atau pengunjungnya karena dinilai profesional sebab dibangun secara serius dan sungguh-sungguh.

Meski pembuktian tersebut mulanya hanyalah menggunakan domain berbayar untuk nama blog / situs webnya.

Selain itu, blog yang dibangun dengan mengeluarkan beberapa modal termasuk untuk membeli domain biasanya adalah blog-blog yang berusaha seserius mungkin untuk menyediakan konten yang sebisa mungkin diharapkan dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Tanggung jawab seperti inilah yang kemudian akan terus membangun blog menjadi lebih baik dari hari ke harinya. Selama, si blogger rutin dan menjaga kualitas konten yang dibagikan di blog miliknya.

4. Memiliki Peluang Mendapatkan Akun Adsense Non Hosted

Beberapa blogger atau pengelola situs blog biasanya memiliki orientasi lain dalam aktivitas ngeblog yang dilakukannya. Salah satu hal tersebut adalah mengoptimalkan blog supaya bisa menghasilkan uang. Baik berupa rupiah maupun dolar.

Diketahui bahwa sebuah blog seperti namablog.blogspot.com adalah platform blog milik google yang dapat dimanfaatkan untuk diajukan menjadi mitra google adsense sehingga blog dapat dimonetisasi dengan iklan dan menghasilkan uang.

Hanya saja pengajuan blog yang belum mengubah domain blog-nya atau alamat situs blognya masih bergandengan dengan blogspot. Hanya dapat disetujui sebagai mitra google adsense hosted bukan mitra google adsense non hosted.

Hal ini dikarenakan perbedaan mendasarnya adalah:

Jika blogger mengajukan blog yang masih blogspot ke google adsense untuk menjadi seorang publisher dan diterima. Maka si blogger yang bersangkutan hanya akan mendapatkan akun google adsense hosted yang hanya boleh menayangkan iklan di blog blogspot yang disetujui saja.

Sementara jika disetujui ketika mengajukan blog ke google adsense dengan domain premium maka si blogger akan mendapatkan akun adsense non hosted yang keuntungannya akun tersebut dapat dimanfaatkan untuk memonetisasi blog dengan iklan pada beberapa blog jika si blogger memiliki jumlah blog lebih dari satu.

Sehingga dengan memiliki akun adsense non hosted, maka blogger dapat memasang iklan dari google adsense ke beberapa blognya baik blog tersebut sudah menggunakan domain sendiri atau yang masih blogspot.

Namun sebelum iklan tayang, biasanya blog-blog tersebut akan melalui proses review site oleh pihak google adsense untuk menilai kelayakan blog yang dimonetisasi dalam menayangkan iklan dan memberikan penghasilan kepada blogger (si pemilik blog).


5. Bisa Mendapatkan Peluang Kerja Sama Content Placement melalui Pihak Ke Tiga

Sebenarnya untuk mendapatkan kerja sama content placement blog dapat dilakukan tanpa melalui pihak ke tiga atau secara langsung dari advertiser.

Hanya saja jika Anda pernah mendengar Sosiago sebuah media yang menghubungkan pihak advertiser dan blogger untuk menjalankan kerja sama content placement.

Seperti jasa posting artikel promosi dan penanaman link di blog. Maka blog dengan domain premium biasanya dapat diajukan sebagai influencer menggunakan jasa Sosiago untuk mendapatkan para advertiser dan mendapatkan tawaran content placement berupa artikel siap posting dari pihak sosiago.

Keuntungannya adalah setiap blog yang mendapatkan tawaran content placement tersebut akan mendapatkan komisi sesuai nilai bayar yang ditentukan oleh pihak advertiser melalui Sosiago (situs influencer marketing) Indonesia.

Baca: Cara Menjadikan Blog Sebagai Mesin Uang dengan Sosiago

6. Berpengaruh dalam Meningkatkan Rangking Blog di Mesin Pencari

Jika Anda merasa bahwa blog gratisan yang Anda miliki sering tenggelam jauh pada hasil penelusuran di mesin pencari baik google, bing, dan mesin pencari lainnya. Maka penggunaan domain khusus akan sedikit membantu dalam meningkatkan popularitas blog Anda di mesin pencari.

Hal ini dikarenakan setiap sebuah domain biasanya akan memiliki nama yang berbeda dengan domain lainnya. Sehingga mesin pencari akan lebih mudah mengenal situs blog dengan domain unik.

Bahkan beberapa kalangan IT seperti blogger percaya bahwa penggunaan domain blog yang premium (TLD) akan berpengaruh dalam meningkatkan rangking situs / blog mereka. Meski tentu saja hal tersebut adalah salah satu faktor saja. Beberapa faktor lain seperti keunggulan konten adalah hal yang juga perlu diprioritaskan.

So, jika Anda memiliki ketertarikan menggunakan domain unik (khusus) untuk alamat situs / blog Anda. Maka Anda bisa melakukan pembelian domain di beberapa web hosting indonesia kemudian menghubungkan domain tersebut dengan blog Anda.

Sekian semoga bermanfaat...

N.B 
Ulasan di atas akan sangat sesuai dan tepat digunakan apabila Anda adalah pengguna blog dengan platform blogger.com atau blog yang masih menyandang nama blogspot.