Welcome to www.winkamaru.com

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerita


Hanya dengan nulis cerita dapat uang! Gimana caranya?

Umh.., jika Anda adalah seorang yang tertarik untuk menjadikan tulisan atau cerita baik novel maupun cerpen Anda untuk bisa menghasilkan uang, semoga ulasan ringkas ini dapat memberikan jawaban dari pertanyaan dan pencarian Anda selama ini.

Namun satu hal yang pasti, tulisan berikut ini tidak memberikan jaminan bahwa cara mendapatkan uang dengan menulis cerita adalah persoalan yang mudah atau enteng.

So, tulisan berikut bukan sebuah tips mendapatkan uang banyak dari menulis cerita (cerpen, novel) dll. Melainkan hanya sebuah ulasan sederhana berupa cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan cerita Anda bisa menghasilkan uang.

***

Pada tulisan ini saya tidak mengulas cara mendapatkan uang dari menulis secara umum, melainkan hanya memfokuskan topik pembahasan mengenai pertanyaan teman pembaca mengenai cara mendapatkan uang dari menulis cerita saja. Baik berupa cerpen maupun catatan harian juga jenis tulisan satire.

Jika Anda tertarik dengan ulasan ini, silakan lanjutkan bacaan-nya. Semoga pertanyaan dan pencarian Anda terjawab sesuai dengan yang diharapkan.

Jadikan Cerita Anda Menghasilkan Uang dengan Cara Berikut:

1. Kirim Cerita Anda Ke Mojok.co

Mojok.co adalah salah satu situs keren yang menyediakan banyak bacaan yang menarik baik berupa pengalaman seseorang, opini mereka hingga tulisan berupa berita bahkan kritik dan tulisan-tulisan lainnya yang cukup satire, lucu dan menghibur.

Tidak hanya itu, mojok.co juga menyediakan ruang menulis untuk para penulis yang tertarik mengirimkan cerita mereka ke mojok.co dan mendapatkan honorium yang lumayan jika tulisan yang dikirimkan diterima dan dipublikasikan di situs mojok.co setelah tiga hari ditayangkan.

Meski demikian pihak 'mojok' tidak memberikan nominal pasti mengenai honor yang akan didapatkan penulis. Namun mereka mengklaim bahwa honor yang diterima cukup lumayan untuk mentraktir pacar maupun teman di sebuah restoran mewah.

Saya sendiri belum pernah mencoba mengirim tulisan ke pihak mojok.co. Tetapi dengan melihat peluang ini maka Anda bisa mencoba untuk mengirimkan cerita Anda ke redaksi Mojok. Sehingga cerita yang Anda tulis dapat dibaca banyak orang dan menghasilkan uang. (lumayan).

1.1 Tips Mengirim Tulisan Ke Mojok.co

Sebelum Anda mencoba atau memutuskan untuk mengirim tulisan ke mojok.co sebaiknya silakan Anda mengunjungi situs tersebut sembari mempelajari jenis-jenis tulisan yang ditayangkan di sana.

Ini perlu Anda lakukan sebagai langkah awal untuk mengenal dan mengetahui jenis-jenis tulisan yang umum dipublikasikan oleh pihak 'mojok'.

1.2 Jenis Tulisan yang Dapat Dikirimkan

Jenis tulisan yang dapat dikirimkan ke redaksi mojok.co diantaranya tulisan berupa Cerita seperti Pengalaman Menarik, Kisah, Opini, Tulisan Satire dan masih banyak lagi.

2. Kirim Cerita Anda Ke BasaBasi.co

Mirip-mirip dengan mojok.co hanya saja basabasi.co umumnya menyajikan tulisan yang cenderung menggunakan bahasa populer dengan pembahasan yang umumnya berupa tulisan ilmiah populer tidak seperti mojok.co yang umumnya konten nya dikemas dengan guyonan dan ilustrasi yang lucu.

Meski demikian keduanya sama-sama menyajikan informasi dan tulisan-tulisan yang cukup bermanfaat terutama menambah wawasan dan membuka cakrawala berpikir. Kedua situs ini hampir setiap minggu selalu saya kunjungi.

Selain itu, sama seperti mojok.co pihak basabasi.co juga membuka ruang menulis bagi para penulis yang ingin menerbitkan tulisan mereka di situs basabasi.co dan mendapatkan honor serta kaos gratis basabasi.co untuk setiap penulis yang karya pertamanya lolos dikurasi tim kurator pihak basabasi.co.

2.1 Bayaran yang Didapatkan

Mengenai bayaran atau fee yang akan didapatkan ketika Anda berhasil mengirimkan cerita dan lolos untuk dipublikasikan. Maka Anda akan mendapatkan fee sebesar:

Cerpen: Rp 300.000,-
Esai: Rp 300.000,-
Hibernasi (artikel ringan) Rp 200.000,-

2.2 Jenis Tulisan Yang Diterima Pihak BasaBasi.co

Jika berminat mengirim tulisan ke BasaBasi.co maka Anda bisa mengirim tulisan berupa cerpen, kumpulan puisi, esai, hibernasi, dan rehal buku (resensi). Masing-masing jenis tulisan memiliki fee yang berbeda-beda.

3. Menulis Cerita di Vebma

Vebma adalah salah satu platform menulis online yang sistem pembayarannya berdasarkan jumlah views untuk masing-masing artikel. Hal ini sebagaimana dalam artikel online yang dimuat matahaya.com mengenai sistem pembayaran vebma bahwa jumlah yang akan didapatkan adalah 2 IDR / views (kunjungan pembaca).

Dengan demikian pendapatan sebagai penulis cerita di vebma bergantung pada popularitas artikel terutama pada volume kunjungan pembaca ke tulisan yang diterbitkan di Vebma. Semakin banyak orang yang membacanya maka semakin tinggi rupiah didapatkan.

3.1 Sistem Pencairan Vebma

Sebagaimana kita ketahui bahwa pembayaran vebma berdasarkan jumlah tayangan artikel. Maka sistem pencairannya pun hanya dapat dilakukan apabila saldo akun penulis vebma telah mencapai batas minimum untuk dicairkan yaitu ketika saldo akun telah mencapai Rp 500.000,-

Oleh karenanya tantangan terbesar menulis cerita di vebma adalah mendatangkan pengunjung (pembaca) sebanyak mungkin untuk membaca cerita yang kita tulis guna menambah views.

3.2 Cara Kerja Vebma

Untuk menulis di vebma maka kita diharuskan untuk mendaftarkan akun vebma terlebih dahulu, kemudian langsung melakukan aktivitas menulis di sana tanpa perlu mengirim tulisan seperti mojok.co maupun basabasi.co.

Oleh karenanya kita bisa dengan leluasa membagikan banyak tulisan di vebma layaknya menulis di blog (situs) pribadi.

3.3 Apa Saja yang Bisa Ditulis di Vebma?

Selain menulis cerita baik cerpen maupun novel online! Vebma memberikan keleluasaan bagi penulis untuk menuliskan topik apa pun yang dikuasainya, selama tulisan tersebut bukan merupakan hasil plagiasi ataupun copy paste.

Bisa dibilang Vebma adalah tempat menulis dengan segudang topik yang memberikan kebebasan berekspresi bagi penulis untuk menceritakan dan menulis apa saja. Makin bermanfaat dan populer sebuah tulisan di vebma maka akan mendatangkan keuntungan bagi penulisnya.

***

Demikian tulisan saya kali ini mengenai cara mendapatkan uang dari menulis cerita dengan memanfaatkan beberapa situs online yang menerima tulisan berupa cerita maupun cerpen. Anda bisa mencoba semuanya atau salah satu diantaranya.

Semoga dari ketiga pilihan tersebut salah satunya membawa keberuntungan untuk tulisan-tulisan yang telah Anda buat.

Sekian, semoga bisa bermanfaat...