Welcome to www.winkamaru.com

Apa itu Blog? dan Mengapa Saya Ngeblog?


Istilah Blog sebenarnya belum terlalu lama dikenal dan pertama kali dicetuskan oleh Jorn Barger dengan istilah Web Log pada 17 Desember 1997, Kemudian disingkat menjadi blog oleh Peter Merholz yang secara intens mengadopsi istilah tersebut di situs pribadinya 'peterme.com' di tahun 1999. (dailysocial.id).

Melalui blog, penggunanya bisa membagikan artikel, gambar maupun video di internet melalui situs web pribadi. Salah satu contohnya adalah blog pribadi winkamaru.com ini.

Selain itu, blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs, sebelum diakuisisi oleh google pada tahun 2002. (wikipedia.org).

Saat ini, untuk setiap pengguna yang membuat blog di blogger.com akan mendapatkan sebuah blog dengan alamat situs yang selalu diakhiri subdomain .blogspot.com. Kemudian penggunanya diberikan kebebasan untuk meng-custom subdomain yang didapatkan dari blogger.com dengan domain yang diinginkan.

Semisal winkamaru.blogspot.com yang saat ini sudah di-custom menjadi www.winkamaru.com sebuah blog personal di depan Anda sekarang.

Oleh karenanya, secara sederhana blog dapat diartikan sebagai sebuah situs yang umumnya bersifat pribadi dan dikelola secara tunggal untuk membagikan tulisan atau artikel secara online memanfaatkan Internet.

Meski demikian terkadang blog bisa saja dikelola lebih dari satu orang dan tidak bersifat ke personal seseorang. Ini dikarenakan sifat blog yang dinamis sehingga setiap orang dapat membangun blog untuk tujuan yang beragam baik untuk tujuan menyalurkan hobi menulis atau pun untuk tujuan bisnis.

Contoh blog yang dibangun untuk tujuan bisnis atau dikomersialkan seperti blog berita, blog-blog kesehatan, maupun blog-blog lain yang dibangun dengan topik khusus untuk mendapatkan pembaca loyal. Selain itu, situs blog seperti ini umumnya di-monetisasi dengan iklan sebagai salah satu sumber pendapatan untuk terus mengelola dan mengembangkan blog-blog tersebut.

Umumnya sebuah situs web dapat disebut sebagai blog karena membagikan kumpulan konten berupa tulisan (artikel) yang berisi gambar maupun video yang diposting di dalam blog sehingga dapat dibaca oleh setiap pengunjungnya.

Lantas, Mengapa Saya Ngeblog?

Ngeblog adalah istilah dalam bahasa Indonesia sama seperti blogging yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ngeblog merupakan sebuah aktivitas menulis dan berbagi informasi atau sebuah tulisan baik dalam bentuk karangan (cerita), tips, dll yang dibagikan secara online melalui blog.

Perkenalan saya dengan blog dimulai sejak pertengahan tahun 2012 lalu.

Blog pertama yang saya buat saat itu adalah "sidharly.blogspot.com" sebuah blog gado-gado yang kemudian mendapatkan teguran keras dari google. Setelah adanya pembaruan Algoritma mereka blog saya tersebut terkena dampak karena melakukan banyak pelanggaran. Kini blog tersebut telah dihapus oleh google bahkan untuk mendaftarkan kembali sebuah blog dengan alamat tersebut tidak lagi dapat dilakukan.

Pelanggaran-pelanggaran yang saya lakukan dulu untuk membuat blog tersebut adalah banyak menyajikan informasi atau artikel hasil copas dan konten yang berisi kumpulan link download dari produk-produk yang dibajak secara ilegal. Inilah kemudian dampak buruk yang saya dapatkan pada blog tersebut yang kini telah dihapus permanen oleh pihak google.

Alasan utama mengapa saya membuat blog dan ngeblog, mula-mula karena ingin merasa keren dan terlihat hebat di mata teman-teman. Hingga kemudian, saya menemukan sebuah hobi yang jarang saya lakukan. Yakni mulai menyukai menulis dan berbagi di blog ketika mendapatkan komentar dari beberapa teman blogger yang mampir di blog-blog saya.

Awalnya menulis bagi saya adalah sesuatu yang menyulitkan. Bingung 'merangkai kata seperti apa sehingga enak dibaca' adalah ketakutan yang pernah saya alami. Hingga kemudian setelah memiliki pengalaman pahit karena blog saya yang pertama dihapus google. Menulis di blog pun menjadi rutin saya jalani dan menjadi sebuah aktivitas yang kini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Meski mula-mula adalah keterpaksaan.

Ngeblog kini bagi saya adalah hobi dan aktivitas yang menyenangkan serta merupakan sebuah media untuk membagikan tulisan tips, informasi, kritik, cerita, termasuk curhat ringan seperti menulis diary.