Type something and hit enter

author photo
By
Pada panduan ngeblog sebelumnya saya telah memberikan ulasan singkat mengenai cara membuat blog di blogger sebuah panduan yang dikhususkan bagi blogger pemula.

Melanjutkan pembahasan tersebut kali ini saya akan memberikan tips sebelum membuat postingan pertama di blogger yang dianjurkan oleh banyak blogger.

Hal ini dirasa penting terutama bagi blogger pemula yang mungkin membutuhkan referensi ini.

Tips Sebelum Membuat Postingan Pertama di Blog Khusus Pemula

Tips 1
Sebaiknya ketika Anda akan memposting tulisan pertama di blog. Perhatikan bahwa tulisan Anda tidak terindikasi melanggar atau terdeteksi melakukan tindakan copy paste.

Hal ini bisa terjadi apabila Anda mengambil sebuah kutipan langsung dari buku atau dari referensi online tetapi kutipan tersebut tidak diubah dengan gaya penulisan Anda. Jika ini Anda lakukan maka biasanya tulisan tersebut akan terdeteksi melakukan tindakan copy paste padahal sebenarnya hanya mengambil kutipan atau lansiran.

Oleh karenanya kutipan atau lansiran yang diambil dari referensi lain sebaiknya diubah dengan gaya bahasa penulisan Anda atau kata-kata nya jangan sama persis. Ubah sedikit yang penting tidak menghilangkan makna atau maksud sebenarnya.

Tips ini sangat penting untuk Anda perhatikan sebab tindakan copy paste atau artikel yang terdeteksi melakukan copy paste memiliki nilai yang buruk oleh mesin pencari. Akibat nya artikel yang umumnya terindikasi copas atau plagiat sulit untuk terindex di google.

Belum lagi jika ternyata pemilik konten asli artikel yang di-copas membuat laporan pelanggaran Anda kepada Google DMCA.

Tips 2
Selain masalah copy paste. Hal penting lain yang perlu diperhatikan sebelum membuat postingan pertama Anda di blogger adalah terkait penggunaan gambar dalam postingan blog.

Jangan sembarang mencomot gambar dari internet yang ditelusuri dari google atau mesin pencari lainnya. Sebab bisa saja gambar-gambar tersebut memiliki hak cipta atau tidak diperkenankan untuk digunakan secara bebas.

Artinya Anda perlu menggunakan gambar dengan lisensi bebas (free) atau merupakan gambar yang Anda dokumentasikan sendiri.

Sama halnya dengan copy paste artikel blog penggunaan gambar berhak cipta juga akan memberi dampak buruk bagi blog seperti terkena penalti dan sulit mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari.

Untuk mendapatkan gambar gratis untuk ilustrasi artikel Anda di blog bisa didapatkan pada salah satu situs berikut:


Jika pun Anda akan menggunakan gambar yang didapatkan dari blog lain. Maka sebaiknya sertakan link sumber yang menuju kepada situs atau blog pemilik gambar. Setidaknya hal ini mampu meminimalisasi tindakan penggunaan gambar berhak cipta.

Tips 3
Jika memang kondisinya memenuhi syarat dan bisa dilakukan. Sebaiknya saat menulis artikel untuk blog Anda. Bisa langsung pada editor text yang ada di blogger.

Jikalau pun Anda terkendala dan lebih suka menulis secara offline kemudian baru tulisan tersebut dipindahkan ke blog. Maka sebaiknya bila tulisan yang dibuat melalui aplikasi pengolah kata seperti Ms. Word saat dipindahkan ke blog perlu di format menggunakan menu "Remove Formatting" pada editor text di blogger.


Hal di atas perlu Anda lakukan dikarenakan format tulisan dalam Ms. Word berbeda dengan format tulisan yang ada pada editor text di blogger. Dengan melakukan remove formatting berarti kita mengubah format tulisan Ms. Word agar menjadi format yang didukung oleh blogger.com.

Cara lain untuk ini, bisa juga dengan menulis melalui Aplikasi Sublime Text atau melalui Notepad kemudian tulisan tersebut dipindahkan ke blog apabila telah siap dipublikasikan.

Tips 4
Perhatikan isi artikel atau tulisan yang akan Anda posting sebelum dipublikasikan.

Hal-hal penting yang perlu Anda lakukan adalah (1) meminimalisasi typo atau kesalahan ketik, (2) Artikel tidak ngomong jorok atau memuat informasi yang bisa memicu konflik SARA, (3) Artikel tidak berisi informasi terlarang sesuai peraturan perundang-undangan Indonesia.

Seperti: Perjud14n, P*rn*grafi, penipuan berhadiah dan lain sebagainya.

Tips 5
Buat artikel rata kiri tak perlu membuat rata kiri kanan atau rata kanan (kecuali tulisan arab). Sebab dari segi estetika menulis rata kiri di blog akan lebih menarik dan rapi.

Makanya lihat saja banyak blog dan situs-situs terkenal di Indonesia menyajikan artikel mereka dengan pengaturan rata kiri tidak rata kiri kanan ataupun rata kanan.

So jika Anda terbiasa menulis rata kiri kanan maka saat menulis di blog mulailah untuk membiasakan menulis artikel rata kiri.

Demikian beberapa tips sederhana untuk Anda sebelum membuat postingan pertama di blogger.

Semoga bermanfaat...

0 komentar

Silakan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Setiap komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.