Type something and hit enter

author photo
By
Sebenarnya mudah saja untuk membuat blog, sebab dalam praktiknya tidak banyak hal yang menyulitkan. Terutama ketika membuat blog secara gratis di blogger.com. Sebuah platform blog sejuta umat yang cukup populer saat ini.

Namun untuk membangun atau membuat sebuah blog Anda harus memikirkan beberapa persoalan lain yang dianggap cukup penting diperhatikan terutama bagi blogger pemula.

Ini dikarenakan banyak blogger yang membuat blog akhirnya berhenti di tengah jalan karena membangun langkah yang keliru.

Tips Sebelum Membuat Blog

Hingga akhirnya membuat mereka malas menjalankan blog yang sudah dibuatnya dikarenakan beberapa kendala seperti kehabisan ide, blog yang dibuat sulit diajukan ke google Adsense, blog tidak mendapatkan pengunjung dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya bagi calon blogger pemula, sebaiknya memperhatikan beberapa poin berikut guna mendapatkan formula yang tepat untuk blog yang akan dibuatnya nanti.

Beberapa Tips Penting Sebelum Membuat Blog bagi Pemula, diantaranya:

1. Tentukan Platform Blog yang Akan Digunakan

Saat ini platform blog untuk ngeblog yang cukup populer setidaknya ada dua pilihan blogger.com dan wordpress.

Dari keduanya platform blog wordpress terbagi lagi dalam dua kategori.

Pertama, wordpress.com yang tersedia untuk pengguna gratis namun dibatasi hanya menggunakan fitur seadanya.

Kedua, wordpress.org yang tersedia secara premium karena membutuhkan penyewaan hosting atau server situs blog namun bermanfaat karena tersedia banyak plugin yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja situs / blog.

Sementara blogger.com adalah platform blogger gratis milik google yang dihosting langsung oleh google serta dapat digunakan secara gratis sama seperti wordpress.com yang juga dibagikan gratis oleh wordpress.

Meski demikian ada beberapa pertimbangan yang bisa dipikirkan sebelum memutuskan memilih blogger.com, wordpress gratis atau wordpress premium (berbayar).

1.1 Wordpress.com (Gratis)

Untuk membuat blog gratis di wordpress.com Anda akan memiliki sebuah blog dengan alamat situs umumnya seperti https://blogkamu.wordpress.com.

Khusus untuk pilihan ini sama saja dengan blogger.com. Namun blog wordpress gratis tidak memberikan fitur custom domain ke TLD seperti blogger.

Artinya jika alamat situs / blog akan diganti dengan namakamu.com atau menggunakan  domain TLD lainnya maka Anda perlu melakukan upgrade layanan ke wordpress premium (berbayar).

1.2 Wordpress.org (Berbayar)

Wordpress.org adalah layanan blog berbasis CMS. Melalui CMS wordpress Anda bisa membuat blog secara profesional dan cukup mudah tanpa melakukan coding website secara mandiri.

Untuk mendapatkan CMS wordpress bisa langsung diunduh melalui wordpress.org secara gratis.

Namun untuk menginstal CMS wordpress tersebut agar di-online-kan menjadi blog maupun website. Maka penggunanya perlu membeli hosting untuk menyimpan CMS tersebut.

Selain membeli hosting Anda juga perlu membeli domain sebagai alamat blog Anda nantinya yang menggunakan CMS wordpress.

Artinya ketika menggunakan blog wordpress.org (berbayar) maka Anda membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk membuat blog premium dengan server (hosting) mandiri yang disewa melalui layanan penyedia hosting dan domain.

1.3 Blogger.com (Direkomendasikan bagi pemula)

Sudah disinggung di atas bahwa blogger.com adalah platform blog gratis yang dihosting langsung oleh google.inc.

Sehingga membuat blog di blogger Anda tidak perlu membeli hosting. Ini masih sama seperti wordpress.com dalam versi gratis.

Perbedaan nya melalui blogger.com, Anda bisa meng-custom domain blogger dengan alamat situs profesional seperti namakamu.com tanpa perlu mengupgrade layanan premium seperti pada wordpress gratis.

Jika Anda membuat blog melalui blogger.com maka untuk pertama kalinya Anda akan memiliki sebuah blog dengan alamat situs seperti: https://namakamu.blogspot.com yang bisa di-custom dengan domain sendiri.

Tapi untuk meng-custom domain di blogger Anda perlu membeli domain yang harga nya cukup variatif. Dimulai dari harga domain 10.000-an hingga ratusan ribu pertahun

Tinggal memilih pilihan domain TLD yang diinginkan.

*Custom domain adalah pilihan jika Anda menganggap penting mengganti alamat blog gratis Anda dari bloganda.blogspot.com menjadi bloganda.com atau yang lainnya.

Jadi jika mau memilih menggunakan blog gratis maka bagi pemula sangat direkomendasikan menggunakan blogger.com.

Sementara jika ingin menggunakan platform blogger dengan kualitas premium (berbayar). Maka pilihan terbaik adalah menggunakan blog WordPres berbayar dikarenakan lebih unggul dan dilengkapi banyak plugin bermanfaat untuk mengembangkan kualitas blog Anda.

2. Menentukan Ide atau Topik Blog

Selain memilih platform yang tepat berdasarkan pertimbangan pribadi. Maka Anda juga perlu memikirkan ide atau topik blog Anda nantinya.

Dengan memikirkan ide maupun topik blog, Anda akan mempunyai gambaran dasar dan visi misi ke depan akan menyajikan tulisan-tulisan apa saja di blog Anda.

Setidaknya ada dua pilihan untuk menentukan ide atau topik blog Anda.

2.1 Blog dengan Topik yang Spesifik

Blog yang dibangun untuk membagikan informasi yang spesifik adalah pilihan yang bisa diambil apabila Anda akan membuat blog yang fokus terhadap topik tertentu saja.

Misalnya blog pendidikan maka biasanya isi blog jenis ini akan membagikan informasi berupa artikel yang berkaitan dengan informasi pendidikan. Seperti info beasiswa, info perkuliahan, tips mendapatkan beasiswa luar negeri, dan masih banyak lagi.

Intinya blog yang spesifik akan banyak membagikan artikel yang spesifik dan tidak keluar dari topik utama blog.

Jenis blog seperti ini seperti teknologi, blog kesehatan, blog bisnis, dan beberapa jenis blog lain yang fokus terhadap topik blog.

2.2 Blog dengan Topik Gado-Gado (Bebas)

Blog dengan topik Gado-Gado umumnya adalah jenis blog personal atau blog yang dikelola secara pribadi.

Jenis blog seperti ini biasanya membahas informasi atau artikel online secara bebas tanpa fokus terhadap satu topik saja.

Artinya dengan membuat blog seperti ini penulisnya lebih bebas membagikan apa saja yang dia inginkan di blognya.

3. Menentukan Tujuan Ngeblog

Tujuan blog adalah poin paling dasar yang perlu Anda pikirkan ketika akan membuat blog.

Jika tujuan ngeblog yang Anda lakukan untuk berbagi. Maka Anda bisa secara bebas menulis apa saja dan membagikan apa saja yang dianggap positif.

Namun jika tujuan ngeblog Anda untuk mendapatkan uang melalui blog. Maka tujuan tersebut harus dibarengi tanggung jawab dan disiplin.

Ini dikarenakan sebuah blog yang mampu dimanfaatkan untuk memperoleh uang dari internet perlu membangun kriteria positif salah satunya kualitas blog.

Oleh karenanya berikut beberapa hal mendasar yang mempengaruhi citra dan kualitas blog Anda.

3.1 Tidak Melakukan Tindakan Plagiarisme atau Copy Paste

Tindakan copy paste artikel blog orang lain ke blog Anda sebenarnya boleh saja. Tetapi bukan dengan melakukan copy paste secara utuh tetapi mengambil beberapa poin yang akan dijadikan lansiran.

Sebab menulis sendiri adalah tanggung jawab seorang blogger untuk membangun kualitas pada blognya.

Selain itu, blog dengan konten original memiliki potensi yang besar untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari dan mendapatkan pengunjung.

Sementara blog copas biasanya sulit mendapatkan pengunjung karena akan dicekal oleh mesin pencari terutama ketika mendapatkan laporan DMCA.

Selain itu, jenis blog yang terindikasi melakukan copas biasanya akan sangat sulit untuk di-monetisasi dengan iklan terutama jika menyasar publisher Google Adsense.

3.2 Hindari Membuat Blog Download Terutama Berisi Konten Bajakan

Tidak salah membangun konten yang berisi berbagi link download asalkan berisi konten yang free lisensi.

Jika konten yang dibagikan merupakan materi bajakan seperti download lagu, download film, dan download aplikasi mod. Maka strategi untuk memperoleh uang dari blog sangat sulit jika menyasar google Adsense.

Tetapi jika Anda menggunakan metode lain seperti melalui url link shortener dan teknik safelink maka hal ini bisa saja dilakukan. Tetapi dengan resiko yang sewaktu-waktu ada terutama jika sumber penghasilan tersebut dari Google Adsense.

3.4 Tidak Membagikan Artikel Sensitif

Artikel sensitif yang umumnya penggunaan nya dilarang di Indonesia seperti: p*rn*grafi, jud!, menyinggung dan memancing isu SARA, bullying, dan konten terlarang sejenisnya.

Konten seperti ini biasanya akan dicekal oleh mesin pencari termasuk bisa-bisa blog dihapus baik oleh pihak google maupun pihak web host yang Anda sewa layanan hosting mereka.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, diharapkan Anda bisa lebih positif memikirkan hal-hal apa saja yang akan dibagikan pada setiap blog yang akan dibuat nantinya.

Sekian semoga bermanfaat...

0 komentar

Silakan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Setiap komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.