Type something and hit enter

author photo
By
Sebenarnya saya tidak punya formula khusus atau resep pasti yang menjamin bahwa postingan blog kita akan terjamin berkualitas dan otomatis disukai pembaca.

Sebab persoalan tulisan / postingan disukai pembaca atau tidak ada banyak faktor yang mempengaruhi nya. Salah satu faktor utama tersebut adalah keahlian menulis.

Cara Membuat Postingan Blog yang Disukai Pembaca

Sementara saya sendiri adalah salah satu blogger yang pada saat ini belum meyakini diri telah mampu menulis dengan baik.

Oleh karenanya cara membuat postingan blog yang disukai pembaca pada ulasan ini lebih menitik beratkan kepada usaha-usaha praktis semampu nya dalam memberikan kenyamanan kepada pembaca blog kita.

Beberapa cara yang bisa Anda usahakan untuk membuat postingan blog yang disukai pembaca diantaranya:

1. Menggunakan Template yang Responsive dan Ringan

Template atau theme sebuah blog adalah salah satu faktor penentu untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca blog kita.

Oleh karenanya pemilihan template blog yang responsive, rapi, memiliki desain yang cukup keren, dan ringan menjadi syarat mutlak untuk memberikan kesan positif dan nyaman kepada calon pembaca.

So, jika template atau tampilan blog Anda masih dirasa cukup standar dan sederhana maka Anda bisa mencari beberapa template responsive dan baik untuk SEO. Lalu gunakan template / theme tersebut pada blog Anda.

2. Menulislah dengan Paragraf yang Pendek

Jika dalam pelajaran bahasa Indonesia kita mengetahui bahwa dalam sebuah paragraf biasanya ada ide pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas.

Maka Anda tidak perlu menerapkan itu ketika membuat postingan di blog.

Mungkin iya menulis untuk buku akan sangat baik dengan memperhatikan kriteria paragraf yang sebenarnya.

Tetapi ketika menulis di blog.

Membuat paragraf yang cenderung lebih pendek adalah salah satu usaha yang baik supaya postingan bisa disukai pembaca.

Ini dikarenakan tulisan yang terlampau panjang biasanya sering dilewati pembaca. Karena rata-rata pembaca blog hanya mencari informasi atau penjelasan yang diinginkannya saja.

Sehingga tulisan yang terlampau panjang sering terlewat dan tidak terbaca oleh mereka.

Semakin pendek paragraf tulisan, maka memungkinkan artikel Anda akan selalu dibaca sebab tulisan dapat dengan mudah ditangkap mata pembaca ketimbang pada tulisan dengan kumpulan text yang terlampau panjang.

Sederhana nya Anda bisa membuat paragraf dengan panjang antara 3 hingga 5 baris untuk setiap postingan di blog Anda atau disesuaikan.

Asalkan jangan terlalu panjang saja...

3. Meminimalisasi Typo atau Kesalahan Ketik

Kesalahan ketik adalah salah satu efek buruk yang tidak disukai pembaca. Ini dikarenakan tulisan dengan banyak typo mengganggu kenyamanan dan konsentrasi bacaan termasuk dapat mengubah makna.

Oleh karenanya setiap selesai menulis postingan di blog jangan terburu-buru untuk segera di publikasikan.

Periksa kembali dan baca ulang-ulang tulisan Anda. Perbaiki beberapa kata salah ketik karena typo dan penulisan ejaan yang salah.

Dengan begitu setidaknya Anda telah meminimalisasi typo dan kalimat yang keliru sehingga membuat pembaca tidak bingung dengan postingan yang Anda bagikan.

4. Jangan Menulis Terlalu Ilmiah

Tulisan blog adalah jenis tulisan populer dengan penggunaan gaya bahasa yang tidak terlalu ilmiah.

Jika Anda terbiasa menulis skripsi dan tugas makalah kampus. Maka sebisa mungkin di dalam menulis di blog Anda tidak perlu terlalu menampakan keilmiahan tersebut.

Menulis dengan gaya bahasa populer adalah cara yang pas ketika akan membuat postingan yang disukai pembaca.

Ini cukup penting dikarenakan pembaca blog tidak semuanya orang-orang yang terbiasa membaca tulisan-tulisan ilmiah.

5. Menyisipkan Gambar atau Infografis yang Sesuai

Penggunaan gambar atau Infografis yang sesuai di dalam postingan bisa memberikan stimulan positif kepada pembaca mengenai postingan Anda.

Oleh karena nya gunakanlah gambar untuk setiap ilustrasi yang sesuai dengan isi postingan yang anda tulis.

Selain itu, sebisa mungkin tidak menggunakan kualitas gambar yang buruk sehingga dapat mengurangi nilai estetika tulisan Anda di blog.

Tips nya Anda bisa menggunakan gambar dokumentasi pribadi atau gambar free lisensi dari situs-situs berbagi gambar gratis seperti pixabay, dll.

6. Menulislah Secara Mengalir Hingga Selesai

Menulis secara mengalir hingga selesai adalah latihan menulis yang sesungguhnya.

Sebab ketika kita sedang menulis kita harus fokus terhadap apa yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Sehingga Anda tidak perlu sesekali berhenti lalu melihat tulisan dari awal lalu lanjut menulis lagi.

Jika ini sering Anda lakukan, maka bisa-bisa apa yang ingin Anda sampaikan di dalam tulisan akan terbagi sebab konsentrasi menulis Anda tidak fokus untuk memilih antara menyampaikan informasi atau membaca.

So, saat menulis maka menulislah hingga seluruh isi kepala ditumpahkan dalam tulisan Anda.

Barulah setelah selesai menulis Anda membaca kembali tulisan Anda lalu melakukan penyuntingan pada beberapa kalimat yang menurut Anda kurang pas.

Dengan cara ini!

Maka Anda telah berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan tulisan atau bacaan yang bermanfaat dan ramah kepada pembaca.

7. Terus Menulis

Sebagaimana yang telah saya sampaikan pada pembuka tulisan ini. Bahwa salah satu faktor yang membuat tulisan / postingan blog kita disukai pembaca adalah kualitas sebuah tulisan.

Tentu saja kualitas tersebut berangkat dari banyak proses sehingga si penulis mampu memberikan tulisan-tulisan yang disukai pembaca.

Dalam hal ini adalah 'keahlian menulis' yang baik.

Dari mana keahlian itu datang?

Tentu saja kita akan menyepakatinya bahwa kemampuan menulis datang dari berlatih yang dilakukan secara kontinu.

So, dengan terus menulis maka hal ini akan memberikan kemampuan kepada blogger untuk menghasilkan postingan-postingan yang berkualitas di masa mendatang.

Demikian, semoga bermanfaat...

0 komentar

Silakan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Setiap komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.