Type something and hit enter

author photo
By
Jika Anda lebih menyukai menulis secara offline memanfaatkan program pengolah kata seperti Ms. Word baru kemudian tulisan word dipindahkan ke blogger. Maka untuk mengecek typo atau kesalahan ketik bisa saja dilakukan melalui aplikasi cek typo offline yang telah mendukung penggunaan untuk artikel Bahasa Indonesia.

Sementara jika Anda terbiasa menulis secara online langsung melalui editor text di blogger. Maka silakan gunakan peramban web (browser) google chrome.

Ini dikarenakan saat ini Google Chrome memiliki fitur Spell Checking seperti yang ada pada Ms. Word. Bedanya jika di Ms. Word Anda harus mendownload database bahasa Indonesianya kemudian di-install terlebih dahulu pada aplikasi Ms. Word barulah fitur Spell Checking bahasa Indonesianya bisa berfungsi..

Maka di Google Chrome hal tersebut tidak perlu lagi Anda lakukan. Sehingga ini lebih mudah digunakan langsung saat menulis artikel di blogger.

Bagi yang belum mengetahui apa itu fitur Spell Checking!

Fitur spell checking adalah fitur khusus yang umumnya digunakan untuk memeriksa kesalahan ejaan dalam sebuah tulisan.

Menggunakan Google Chrome saat menulis online dengan mengaktifkan fitur spell checking. Misalnya penulisan artikel Berbahasa Indonesia maka kita akan dengan mudah menemukan kata salah ketik atau typo yang bisa langsung diperbaiki.

Cara Mengaktifkan Spell Checking Bahasa di Google Chrome

Langkah 1
Silakan pilih tanda tiga titik di sebelah kanan atas Google Chrome. Lalu masuk ke menu setelan. Lihat seperti gambar!

Spell Checking: Cara Periksa Typo di Postingan Blogger

Langkah 2
Selanjutnya silakan cari "Bahasa" sehingga muncul tampilan kurang lebih seperti berikut ini:

Spell Checking: Cara Periksa Typo di Postingan Blogger

Langkah 3
Selanjutnya pilih periksa ejaan lalu aktifkan jenis bahasa yang akan dikoreksi secara otomatis apabila terdapat kesalahan penulisan.

Spell Checking: Cara Periksa Typo di Postingan Blogger

Pada penerapan yang saya lakukan, saya memilih mengaktifkan pengecekan otomatis untuk penulisan bahasa inggris (Amerika Serikat) dan Indonesia. Ini dilakukan agar penulisan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang salah akan mendapatkan pesan kesalahan untuk diperbaiki.

Contohnya adalah ketika saya menulis Indonesia menjadi Indoenisa seperti gambar berikut di bawah. Fitur spell checking memberikan peringatan dengan tanda garis berwarna merah pada tiap tulisan yang salah ejaannya.

Spell Checking: Cara Periksa Typo di Postingan Blogger

Fitur ini sangat bermanfaat untuk meminimalisasi kesalahan ejaan dan penulisan online yang dilakukan melalui editor text blogger terutama untuk membuat postingan blog disukai pembaca.

Ini cukup membantu Anda untuk mengetahui kesalahan ketik yang dilakukan saat menulis artikel di blogger. Tanda garis bawah merah tersebut adalah pesan kesalahan bahwa ejaan kata yang digunakan keliru, salah atau mengalami typo.

Note...
Tips ngeblog ini tidak hanya bisa digunakan untuk menulis online di blogger. Selama aktivitas menulis online Anda dilakukan melalui peramban web google chrome. Maka fitur spell checking ini bisa berfungsi untuk mengecek kesalahan ejaan (salah ketik) yang Anda lakukan.

Demikian ulasan ringkas ini. Semoga bermanfaat...

0 komentar

Silakan tuliskan komentar Anda sesuai dengan topik postingan halaman ini. Setiap komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.