Welcome to www.winkamaru.com

Cara Membuat Postingan di Blogger Khusus Pemula


Untuk membuat postingan di blogger Anda bisa melakukannya dengan menulis offline di komputer misalnya menggunakan Ms. Word lalu dipindahkan ke blogger. Cara ini dapat Anda lakukan apabila saat menulis Anda tidak terkoneksi langsung dengan Internet.

Sementara untuk Anda yang akses Internetnya cukup lancar maka menulis langsung di blog adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Sebab tulisan yang dibuat langsung bisa dipublikasikan saat itu juga.

Tips Penting...!
  1. Gunakan peramban google chrome saat menulis online di blog. Lalu aktifkan spell checking bahasa indonesia untuk mengoreksi kesalahan ejaan akibat typo (salah ketik). Ini berfungsi untuk meminimalisasi kesalahan penulisan. (ejaan, tanda baca, kata tidak baku, dll.)
  2. Ketahui beberapa tips penting mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat postingan pertama Anda di blogger.

Cara Membuat Postingan di Blogger, Khusus Pemula

Langkah 1
Silakan buka dashboard blog Anda di draft.blogger.com. Lalu pilih "Entri Baru".


Langkah 2
Selanjutnya silakan buat tulisan Anda kurang lebih seperti gambar berikut.


Fitur editor text di blogger cukup mudah untuk digunakan. Terlebih jika Anda sudah terbiasa menulis pada beberapa aplikasi pengolah kata di komputer semisal aplikasi Microsoft Office Word.

Langkah 3
Setelah selesai menulis maka sebisa mungkin jangan terburu-buru untuk publikasikan tulisan Anda. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberikan label tulisan. Seperti contoh berikut:


Memberi label pada tulisan dimaksudkan untuk mengelompokkan jenis tulisan dalam satu topik. Misalnya tulisan ini saya masukan dalam kategori tips blogging dan tutorial blogging. Maka saya kelompokan tulisan ini ke dalam label tersebut.

Manfaatnya ketika pengunjung ingin membaca artikel mengenai "Tutorial Blogging" maka mereka akan mendapatkan kumpulan artikel yang telah dikelompokkan dalam label yang dipilih. Jadi silakan kelompokan artikel Anda pada label khusus yang bisa Anda buat sesuka hati.

Langkah 4
Selanjutnya masih di tempat yang sama. Silakan pilih menu "Tautan Permanen" Lalu pilih pada pilihan "Tautan Permanen Khusus" kemudian ubah alamat tautan sesuai keinginan.


Sebenarnya secara otomatis sistem blogger akan membuat tautan default. Namun jika judul artikel terlampau panjang terkadang url tautan akan sedikit berantakan atau terpotong. Sehingga pada tahap ini kita bisa mengatur url tautan khusus yang kita inginkan untuk menjadi alamat url dari postingan Anda.

Pada panduan ngeblog kali ini, saya mengubah url tautan tersebut menjadi "cara-membuat-postingan-di-blogger" setiap kata dipisahkan dengan garis datar. Sehingga nantinya akan mendapatkan tautan utuh kurang lebih seperti: "https://www.winkamaru.com/2019/05/cara-membuat-postingan-di-blogger.html"

Setelah selesai, Anda sudah bisa memposting tulisan Anda untuk segera ditayangkan di blog dan bisa dibaca oleh pengunjung yang datang ke blog Anda.


Saran Penting lainnya...
  1. Saat membuat postingan di blog. Anda bisa memilih menulis dalam mode compose atau melalui mode penulisan HTML jika ingin menerapkan beberapa kode tertentu seperti membuat tulisan dalam lingkaran kotak garis putus-putus seperti ini.
  2. Silakan coba-coba beberapa fitur dan menu dalam editor text blogger sehingga Anda bisa memahami apa saja fungsinya.

Sampai di sini, saya anggap sudah selesai. Namun jika Ada pertanyaan lain silakan ditanyakan sehingga tulisan ini akan mendapatkan pembaruan jika dirasa masih ada yang kurang.

Semoga bermanfaat...