Type something and hit enter

author photo
By
Jika anda sudah lama terjun di dunia blogging, pasti sudah tahu pengertian domain, manfaat serta kegunaannya.

Saat ini banyak blogger pemula nampaknya ingin menggunakan domain custom dan gratis untuk blog yang dikelolanya. Kebanyakan dari mereka memilih untuk mendaftar domain gratis melalui freenom.

Namun akhir-akhir ini, nampaknya pendaftaran domain gratis di freenom menjadi lebih rumit dikarenakan harus diakses melalui IP luar negeri. Untuk itu silakan baca "cara buat domain gratis di freenom berhasil" bagi yang masih kesulitan mendaftar domain freenom.

Penting! - Penggunaan domain gratis dari freenom tidak direkomendasikan oleh banyak pakar blogging. Dikarenakan domain gratis yang didapatkan melalui freenom cenderung sulit untuk muncul pada hasil pencarian google terutama bila dicari oleh pengguna di Indonesia.

Cari Penyedia Domain Gratis Selain Freenom? Baca Ini!

Sebenarnya tidak hanya domain gratis dari freenom. Domain gratis apapun selama extensi domainnya merupakan ccTLD atau domain premium kelas atas khusus untuk wilayah penggunaan di luar indonesia. Domain-domain tersebut akan sangat sulit bersaing pada hasil serp Google terutama di Indonesia.

Peringatan di atas dibuat bukan untuk melarang anda mendaftarkan domain custom secara gratis. Melainkan untuk dipertimbangkan dengan bijak sebelum kemudian anda memutuskan menggunakan domain gratis.

Jika menggunakan domain ccTLD sebaiknya anda memilih domain Indonesia karena google akan memprioritaskan domain indonesia untuk muncul pada hasil serp Google oleh pengguna di wilayah Indonesia.

Domain ccTLD Indonesia diantaranya:

  • .id (personal dan bisnis)
  • .co.id (untuk bisnis maupun perusahan)
  • .web.id (penggunaan personal)
  • .go.id (untuk situs pemerintah)
  • .sch.id (untuk situs sekolah)
  • .ac.id (untuk situs universitas / academi)
  • .desa.id (untuk website desa) dan masih banyak lagi.

Disebut sebagai domain ccTLD karena penggunaan domain tersebut dikhususkan pada wilayah negara tertentu.

Sementara itu anda juga bisa menggunakan domain TLD yang statusnya lebih tinggi dari domain ccTLD.

Domain TLD adalah domain kelas atas yang diprioritaskan secara internasional terutama bagi situs atau website yang ingin mendapatkan pengunjung dari luar maupun dalam negeri berdasarkan serp google.

Domain TLD contohnya adalah:

  • .com (untuk situs komersial)
  • .net
  • .org (untuk organisasi)
  • .biz (untuk bisnis)
  • .info (untuk berbagi informasi) dan masih banyak lagi.

Jika ingin memilih! Ada dua domain TLD dan ccTLD yang saya sarankan untuk anda yakni domain .COM atau domain Indonesia .ID baik untuk situs personal maupun bisnis.

Namun tentu saja, untuk mendapatkan salah satu dari domain tersebut anda harus membelinya karena tidak disediakan secara gratis. Beruntung jika anda mendapatkan salah satu domain tersebut secara gratis dari promo web hosting di Indonesia.

Oleh karenanya saya memohon maaf bila anda menemukan artikel ini karena sedang mencari situs penyedia domain gratis selain freenom.

Sebab dalam tulisan ini, sebenarnya saya ingin menyampaikan bahwa penggunaan domain gratis ccTLD luar negeri seperti domain yang didapatkan dari freenom tidak bagus untuk SEO terutama bagi blog atau situs yang menyasar pengunjung dari Indonesia.

Oleh karenanya, untuk mengurangi rasa kecewa anda! Ada cara murah mendapatkan domain .COM dengan harga sepuluh ribuan saja.

Baca: Cara Beli Domain .COM Murah 10 Ribuan / Tahun

Cara mendapatkan domain .com murah dengan harga 10 ribuan tersebut diperoleh dengan syarat dan berlaku di tahun pertama. Tahun berikutnya harga domain .COM kembali dibayarkan dengan harga normal sesuai harga pasarannya saat ini.

Harga domain saat ini:

  • .COM (Rp 120.000 / tahun)
  • .ID (Rp 115.000 / tahun) di Niagahoster.

Baca Juga:

Terakhir untuk menutup tulisan ini, saya menganjurkan kepada anda daripada menggunakan domain gratis dari freenom seperti domain ccTLD luar negeri. Sebaiknya menggunakan subdomain gratisan saja meski masih menggunakan blogspot.

Yang membuat sebuah blog berkualitas bukan semata-mata harus memiliki domain custom atau domain khusus.

Kualitas sebuah blog dipengaruhi oleh konten bermanfaat dan berkualitas yang anda buat di blog serta desain template yang responsif dan elegan.

Jika anda merasa khawatir blog subdomain blogspot anda sulit ditemukan di mesin pencari. Itu hanya mitos.

Sebab meski blog anda masih menggunakan blogspot, selama anda mengoptimasinya dengan baik melalui praktik SEO yang benar. Maka blog anda tetap bisa muncul dan bersaing di mesin pencari.

Selain itu blog yang masih menggunakan blogspot tetap bisa didaftarkan ke google adsense untuk dimonetisasi dengan iklan dan menghasilkan uang.

Penggunaan domain premium TLD maupun ccTLD Indonesia adalah alternatif lain apabila anda memiliki dana lebih untuk berlangganan domain premium setiap tahun dengan rata-rata harga Rp 115.000 – Rp 125.000 / tahun.

So, daripada menggunakan domain gratis yang menyulitkan blog susah terindex google terutama oleh pengguna di wilayah Indonesia. Lebih baik menggunakan subdomain bawaan blogger meski masih blogspot.

Demikian! Semoga ulasan di atas memberikan anda paham baru mengenai dampak negatif domain gratis ccTLD luar wilayah negara Indonesia seperti domain-domain gratis yang didaftarkan dari freenom.

Salam damai! Sukses untuk anda…

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus