Welcome to www.winkamaru.com

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog di Google Search


Saat ini, salah satu praktik SEO yang dilakukan banyak blogger adalah menghilangkan tanggal postingan blog pada hasil pencarian (SERP) google. Penerapan teknik SEO ini dilakukan sebagai upaya dalam mengoptimasi konten untuk membuat postingan seakan-akan tidak terlihat basi atau sudah lama di mesin pencari.

Jika anda menyaksikan gambar berikut:

www.winkamaru.com

Di atas terlihat jelas bahwa, blog populer seperti blogodolar.com milik Kang Yudiono dan blog sugeng.id milik mas sugeng. Nampaknya menggunakan teknik seperti ini untuk menghilangkan tanggal posting blog mereka pada hasil pencarian google.

Bahkan di beberapa referensi online yang saya temui, praktik ini sudah diterapkan oleh banyak blogger dan terutama oleh blogger-blogger mastah yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia blogging. Bagi anda yang saat ini, mencari cara menghilangkan tanggal posting blog di hasil pencarian (SERP) google. Berikut beberapa penerapan yang dapat anda lakukan.

3 Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Blog di Google

Cara Pertama

Berdasarkan panduan online yang ditulis oleh mas Adhy Suryadi di blognya kompiajaib.com, salah satu cara yang dapat anda terapkan untuk menghilangkan tanggal posting artikel pada hasil pencarian adalah dengan mengubah kode yang menampilkan tanggal di postingan dan di hasil pencarian.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1
Carilah kode yang menampilkan tanggal di postingan dan di hasil pencarian. Kurang lebih carilah kode yang mirip seperti kode di bawah (setiap template memiliki kode yang berbeda)

 <span class='clock'> <i class='fa fa-calendar'/> <a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished dateModified'> <data:post.timestamp/></abbr></a></span>  

Langkah 2
Setelah menemukan kode yang mirip seperti di atas! Jangan langsung menghapusnya karena akan muncul error "missing: updated" di Google Search Console untuk struktur data hatom. (Adhy Suryadi)

Langkah 3 - Finish
Agar tidak error, silakan ganti kode di atas dengan kode berikut, lau simpan template anda!

 <abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'/>  

Cara Kedua

Selain cara di atas! Salah satu cara lain yang dapat diterapkan untuk menyembunyikan tanggal postingan di hasil pencarian (SERP) google adalah dengan menambahkan kode rel='nofollow' sehingga mencegah bot mengindex-nya.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1
Silakan cari kode yang menampilkan tanggal di postingan dan di mesin pencari. Kurang lebih sama seperti langkah pada cara pertama di atas.

Misalnya berikut kode yang menampilkan tanggal postingan!

 <span class='clock'><a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a></span>  

Langkah 2 - Finish
Tambahkan atau sisipkan kode rel='nofollow' pada kode tersebut sehingga menjadi seperti contoh berikut:

 <span class='clock'><a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='nofollow bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' rel='nofollow' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a></span>  

Cara Ketiga

Terakhir langkah yang paling mudah adalah dengan menghilangkan cek list pada tanggal postingan blog melalui edit Tata Letak pada bagian Blog post.

Seperti berikut:

www.winkamaru.com

Setelah menerapkan salah satu dari tiga cara menghilangkan tanggal postingan di hasil pencarian seperti ulasan di atas. Langkah selanjutnya menunggu mesin pencari meng-crawl ulang blog anda hingga seluruh artikel postingan di mesin pencari tidak lagi menampilkan tanggal postingan.

Pada blog ini, saya menerapkan cara pertama berdasarkan ulasan mas Adhy Suryadi di blognya kompiajaib.com.

Demikian semoga bermanfaat!