Type something and hit enter

author photo
By
Yap... subdomain zone.id adalah alternatif terbaik untuk domain gratis bagi blogger yang menginginkan sebuah alamat situs blog menjadi tampak lebih profesional. Terutama dengan tidak lagi menggunakan blogspot. Subdomain bawaan dari blogger.com.

Ulasan ini saya post ke winkamaru.com sebagai tindak lanjut mengenai artikel saya sebelumnya mengenai "situs penyedia domain gratis selain freenom" yang tidak direkomendasikan banyak blogger.

Sebab penggunaan domain gratis yang didapatkan dari freenom dipercaya banyak blogger berdampak buruk bagi blog serta tidak bagus dari sisi SEO.

Oleh karenanya tulisan ini hadir sebagai solusi bagi teman-teman yang sedang mencari domain gratis ccTLD luar negeri mending menggunakan Subdomain zone.id, Alternatif domain Gratis Indonesia.

Sebab akan lebih baik dari segi SEO ketimbang domain gratis ccTLD tapi dikhususkan untuk penggunaan di luar wilayah negara Indonesia.

Selain itu, subdomain zone.id bisa didapatkan secara gratis khusus bagi blogger pengguna blogspot.

Jadi jika blog anda saat ini masih "namablogmu.blogspot.com" anda bisa mengubahnya menjadi "namablogmu.zone.id" tentu lebih menarik dan tampak profesional.

Tertarik menggunakan subdomain gratis dari zone.id? Silakan ikuti ulasan berikut:


Langkah 1
Silakan daftarkan akun anda terlebih dahulu di www.zone.id lalu Login


Langkah 2
Pada panduan ini, saya langsung memilih login karena sudah memiliki akun zone.id. Jika anda belum terdaftar silakan pilih 'registrasi' terlebih dahulu untuk membuat akun.


Langkah 3
Setelah berhasil login, anda akan diarahkan ke laman 'main panel' zone.id. Jika ingin mendaftarkan subdomain gratis. Silakan pilih menu 'Subdomain' lalu pilih tambah atau buat domain. Lihat seperti gambar!


Langkah 4
Silakan masukkan nama situs blog yang anda inginkan. Misalnya seperti gambar berikut: antymahera.zone.id. lalu pilih "Tambahkan / Buat"


Langkah 5
Sampai di sini anda sudah berhasil membuat 'subdomain zone.id' gratis! Selanjutnya tinggal dihubungkan ke blogspot. Lanjutkan dengan klik "Panel' tampak seperti gambar di bawah:


Langkah 6
Setelah itu lanjutkan lagi dengan memilih "Setting" Lihat seperti gambar!


Langkah 7
Setelah memilih "setting" selanjutnya anda hanya perlu menuju ke blogger atau blogspot untuk mendapatkan CNAME blogspot. Sementara itu halaman berikut ini! Jangan dulu dikeluarkan.


Selanjutnya silakan buka tab baru pada browser anda. Lalu buka draft.blogger.com

Cara Hubungkan Subdomain zone.id ke Blogspot


Langkah 8
Setelah membuka draft.blogger.com pada tab baru di browser anda. Silakan pilih menu "Setelan - Dasar" seperti gambar berikut:


Langkah 9
Selanjutnya silakan pilih "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda" terlihat seperti gambar di bawah:


Langkah 10
Masukkan subdomain zone.id yang sudah anda daftarkan tadi dengan menambahkan "www" seperti gambar di bawah ini. Lalu pilih simpan.


Langkah 11
Setelah pilih simpan. Maka akan terjadi error. Silakan copy kode 1 dan kode 2 yang telah ditandai seperti gambar berikut:


Langkah 12
Selanjutnya silakan kembali seperti pada Langkah 7 Lalu masukkan kode 1 dan kode 2 tersebut seperti berikut! Lalu pilih "Simpan"


Langkah 13
Setelah itu, silakan kembali lagi ke blogger.com lalu lanjutkan simpan pengaturan subdomain anda.


Note...
Jika saat menyimpan pengaturan domain anda di blogger masih terjadi error. Artinya anda harus menunggu beberapa saat kemudian pilih simpan kembali. Sebab akan butuh beberapa waktu menghubungkan subdomain anda dengan server blogger.

Langkah 14
Setelah pengaturan domain sukses disimpan. Seperti gambar di bawah! Silakan kembali pilih "edit"


Langkah 15
Terakhir silakan cek list pengalihan dari tanpa "www" ke subdomain "www" seperti gambar di bawah. Lalu pilih "Simpan"

Selesai.

Sekarang situs blog anda tidak lagi menggunakan subdomain bawaan blogspot.

Penting!
Jika terjadi error saat anda mengakses subdomain zone.id yang dihubungkan ke blogger. Kemungkinan anda perlu menunggu beberapa waktu hingga subdomain zone.id sukses dihubungkan ke blogger.

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus