Type something and hit enter

author photo
By
Setiap blogger pasti menginginkan agar artikel blognya bisa muncul di google dan bertengger di posisi page one. Sebab semakin banyak artikel blog yang masuk page one google maka sang empu blog akan merasa bahagia terutama merasa sukses karena telah mampu bersaing dengan banyak blogger untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Meski demikian, perlu disadari juga bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan artikel bisa muncul di google dan berada pada posisi page one.

Selain itu, meski rangking artikel blog cukup baik di google berdasarkan keyword tertentu. Hal tersebut ternyata tidak menjamin bahwa sebuah blog akan mendapatkan banyak kunjungan organik. Sebab bisa jadi keyword yang dibidik untuk muncul di page one google memiliki sedikit peminat.

Artinya meski keyword tertentu membuat rangking artikel berada di posisi teratas page one? Bukan berarti artikel tersebut akan mendapatkan banyak pengunjung. Hal ini dipengaruhi oleh seberapa banyak orang mencari di internet menggunakan kata kunci tersebut.

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Pada ulasan berikut saya hanya akan membahas cara mengetahui rangking artikel di google berdasarkan keyword atau kueri tertentu berdasarkan laporan data di google search console.

Perlu diketahui, bahwa google search console merupakan salah satu tools google yang dimanfaatkan banyak blogger dalam mengoptimasi postingan blog mereka sehingga mudah dan cepat terindex di mesin pencari.

Hal tersebut seperti melakukan submit blog dan sitemap situs. Serta mengirim url situs secara manual sehingga masuk dalam antrian google bot untuk di crawl hingga terindex dengan baik di google.

Selanjutnya, praktik ini hanya bisa dilakukan apabila blogger telah melakukan submit blog melalui google search console. Sehingga data dan informasi mengenai blog anda akan direkam oleh google untuk ditampilkan dalam laporan kinerja situs melalui google search console ini.

Bagi yang belum submit blognya di google search console. Bisa mengikuti panduannya pada video berikut:

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google melalui Google Search Console


Langkah 1
Silakan buka laman Google Search Console, sehingga muncul halaman kurang lebih seperti di bawah! Lalu pilih 'mulai sekarang'.

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Langkah 2
Setelah itu, pilih properti domain blog anda. Pada panduan ini saya mencontohkan memilih properti domain saya di winkamaru.com, seperti gambar berikut:

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Langkah 3
Karena kita ingin mengetahui posisi rangking artikel di blog. Silakan lanjutkan dengan memilih 'kinerja' untuk mendapatkan data tentang blog anda berdasarkan laporan yang telah direkam oleh google search console.

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Pada laporan di atas terlihat bahwa blog saya winkamaru.com ternyata hanya memiliki jumlah total klik sekitar lima ratusan oleh pengunjung dan memiliki total tayangan sekitar 10 ribu dalam 3 bulan terakhir.

Selain itu, khusus pada posisi gambar yang dilingkari merah, menunjukkan total rata-rata posisi rangking artikel blog di mesin pencari google.

Langkah 4
Selanjutnya apabila anda ingin memeriksa apakah ada posisi artikel blog yang masuk pada page one google. Silakan pilih atau klik pada gambar yang dilingkari merah. Sehingga menjadi berwarna kurang lebih seperti gambar berikut:

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Langkah 5
Setelah itu, silakan anda scroll ke bawah untuk memeriksa keyword (kueri) artikel anda. Lihat artikel mana saja yang mempunyai posisi rangking di google berdasarkan laporan google search console.

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Berdasarkan gambar di atas! Kita bisa melihat bahwa masing-masing keyword:

  1. Cara Menghasilkan Uang dari Menulis Cerita berada di posisi ke ( 4 ) pada hasil penelusuran google, sementara 
  2. keyword lain yakni Benefit Plukme berada pada posisi ( 1,2 ) di google.

Untuk membuktikannya, kita bisa langsung mengujinya dengan memasukkan keyword tersebut di pencarian google untuk melihat hasil yang didapatkan:

Percobaan 1
Pada percobaan pertama, saya menggunakan kata kunci "cara menghasilkan uang dari menulis cerita" Hasilnya salah satu artikel winkamaru.com ternyata masuk page one google namun berada di posisi ke tiga naik satu tingkat berdasarkan laporan google search console. 

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Percobaan 2
Pada percobaan ke dua, hasilnya juga sama. Dimana penggunaan keyword 'benefit plukme' yang mungkin jarang dicari pengunjung malah ternyata memunculkan satu artikel winkamaru.com, masuk page one google pada posisi tertinggi kebalikan dari percobaan 1.

Cara Mengetahui Posisi Rangking Artikel di Google

Berdasarkan ulasan di atas, setidaknya kita bisa belajar banyak hal. Di antaranya terkadang ada keyword atau kata kunci tertentu yang tidak kita bidik tetapi memberikan pengaruh yang besar pada posisi artikel blog di google.

Selain itu, meski sebuah artikel memiliki posisi yang bagus di mesin pencari. Bukan berarti artikel blog anda akan langsung memiliki banyak pengunjung. Sebab semuanya dikembalikan lagi kepada calon pembaca apakah mereka menggunakan "keyword" yang sama seperti laporan yang dikumpulkan google search console atau tidak!

Jadi, ulasan ini hanya melihat kata kunci apa saja yang memberikan posisi artikel blog berada di page one google. Selebihnya kita tinggal mengamati kata kunci yang berhasil masuk lalu mengoptimasinya pada artikel-artikel blog yang lain.

Demikian, semoga bermanfaat!

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus