Welcome to www.winkamaru.com

Cara Memindahkan Tulisan dari Word Ke Blog


Langkah untuk memindahkan tulisan atau artikel yang ditulis pada aplikasi Microsoft Word tidak boleh dilakukan hanya sekadar copy paste word ke blog kemudian artikel tersebut langsung dipublikasikan.

Khusus bagi pengguna blog platform blogger.com kita bisa menggunakan sebuah fitur 'remove formatting' yang ada pada editor text postingan di blogger.

Perlu diketahui, berdasarkan saran banyak blogger berpengalaman. Jika Anda langsung mempublikasikan artikel dari word ke blog maka artikel akan berdampak buruk terutama mengenai kualitas SEO artikel tersebut. Ini dikarenakan format text pada microsoft word berbeda dengan format text pada blogger.com.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan, entah offline maupun online telah banyak dibahas oleh blogger lain.

Sementara dalam postingan berikut, saya hanya akan mengulas cara mudah memindahkan tulisan word langsung ke blog anda tanpa menggunakan program tambahan lain.

Cukup memanfaatkan fitur 'remove formatting' yang sudah disediakan pada editor text di blogger.

Cara Memindahkan Tulisan dari Word ke Blog


Langkah 1
Seperti biasa. Silakan copy seluruh tulisan anda yang ada di Microsoft Word.


Langkah 2
Pastekan seluruh artikel tersebut ke halaman editor text di blogger tempat dimana anda biasa menulis dan memublikasikan postingan.


Langkah 3
Blok seluruh artikel dalam editor text blogger. Bisa melalui 'CTRL + A' sehingga seluruh artikel ter blok. Selanjutnya silakan format seluruh artikel tersebut menggunakan fitur 'remove formatting' sehingga tulisan dari word tersebut akan diformat menyesuaikan format yang ada pada blogger.com.


Langkah 4
Setelah itu, silakan merapikan tulisan anda. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan spasi antar paragraf termasuk menambahkan gambar melalui 'insert image' di blogger jika perlu.


Langkah 5
Setelah selesai. Sebisa mungkin sebelum artikel tersebut dipublikasikan. Tinjau terlebih dahulu untuk melihat bagaimana hasil postingan anda ketika nanti berhasil dipublikasikan.

Dengan menggunakan cara ini. Maka format asli tulisan dari Microsoft Word akan diubah menjadi format yang didukung oleh blogger. Sehingga artikel blog anda tidak acak-acakan jika dilihat melalui mode HTML.

Demikian, semoga bermanfaat!