Type something and hit enter

author photo
By
Diluaran sana mungkin akan banyak orang yang tidak mengenal dunia blogging atau per-blogger-an akan menanyakan hal yang kurang lebih seperti ini: "Siapa yang gaji blogger, padahal hanya ngeblog dan nulis doang! Kok bisa?" 

Pertanyaan seperti ini dulunya pernah menjadi pertanyaan saya sebelum akhirnya terpancing dan mulai melakukan aktivitas blogging. Karena embel-embel membuat blog dan ngeblog bisa menghasilkan uang.

Saya harus jujur, awal-awal membuat blog saya tidak tahu kalau ternyata blog bisa dioptimasi sedemikian rupa dan dimanfaatkan untuk menghasilkan.

Awal saya membuat blog tujuan utama saya adalah untuk pamer kepada teman-teman kelas waktu kuliah di awal-awal semesteran.

Dulu itu postingan yang saya buat adalah tulisan-tulisan berupa puisi dan cerpen saja. Karena hanya itu yang bisa saya tulis waktu itu. Saya belum bisa menulis artikel sejenis tulisan saat ini.

Lambat laun ketika saya mulai belajar tentang blogging. Terutama cara mengoptimasi blog biar SEO, belajar HTML dasar untuk mengedit tema blog, serta belajar kebutuhan lainnya untuk mempercantik tampilan blog.

Hingga akhirnya dalam proses tersebut saya mengetahui bahwa blog bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang melalui internet.

Dari situ kemudian perhatian saya untuk belajar blogging, teralihkan untuk memanfaatkan blog supaya bisa menghasilkan uang.

Namun akibat ilmu yang belum mapan tentang dunia per-blogger-an, saya menjadi salah satu blogger yang mengejar popularitas dengan cara instant.

Yakni melakukan banyak plagiat konten atau copy paste.

Aktivitas plagiat tersebutlah yang akhirnya bukan membuat saya bisa menghasilkan uang dari blog, malah blog saya dihapus oleh google bahkan alamat URL-nya pun tidak lagi bisa didaftarkan kembali. Di-banned permanen.

Mungkin ada yang pernah menemukan blog saya dulu yaitu di sidharly blogspot!

Baca: Perkenalan Saya dengan Blog dan Aktivitas Blogging

Demikian Cerita Saya tentang Blog dan Bagaimana Saya Menjadi Blogger
Siapa Yang Gaji Blogger? Padahal Hanya Ngeblog dan Nulis!
kok buat blog bisa dapat uang? memangnya siapa yang bayar?
Baiklah… sekarang yang menjadi ulasan utama dalam tulisan ini adalah bagaimana bisa? Hanya buat blog dan jadi blogger kita bisa memiliki penghasilan? Memangnya siapa yang bayar?

Untuk menjawab ini, silakan baca ulasan saya mengenai hal ini pada artikel lain di: “Darimana Blogger Dapat Uang dan Berpenghasilan dari Internet.”

Meski beberapa persoalan mungkin sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya tersebut! Saya di sini masih ingin membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan mengenai “kok bisa buat blog dan jadi blogger bisa menghasilkan? Memangnya siapa yang bayar?”

Tetapi sebelum menjawab hal tersebut, ada pertanyaan dari saya yang mungkin perlu dipikirkan Bersama oleh kita-kita yang bertanya tentang persoalan ini.

Pertanyaan saya adalah:

Apakah sobat pernah menonton acara televisi? Silakan dicermati acara-acara televisi yang sering kita nonton. Bagaimana bisa tayangan televisi ditayangkan secara gratis?

Darimana dan bagaimana stasiun televisi masih bisa beroperasi padahal mereka menayangkan acara tv mereka itu secara gratis?

Bagaimana Bisa?

Note:
Acara Televisi, serupa dengan acara radio dan konten video di youtube. Semuanya dibagi secara gratis! Tetapi mengapa stasiun televisi, stasiun radio, dan pembuat video youtube masih terus menyiar dan membuat video dan dibagikan gratis?

Mengapa?

Hal ini serupa dengan blogger, bagaimana bisa seorang blogger terus menulis artikel di blognya? Kenapa mereka melakukan itu?

Jawabannya: 

Sebenarnya hal ini sangat sederhana, namun khusus bagi pembuat konten video maupun penulis artikel (blogger) hal ini bisa dilihat sebagai kerja personal yang umumnya hanya melibatkan diri sendiri, meski ada juga beberapa blog besar yang dibangun bersama tim.

Sementara stasiun radio maupun stasiun tv tentu lebih kompleks lagi sebab ada banyak unsur dan berbagai hal yang perlu dipersiapkan sehingga acara televisi maupun acara radio bisa disiarkan.

Tentu saja hal tersebut membutuhkan biaya atau dana yang cukup besar serta banyak orang untuk menjalankannya.

Sekarang pertanyaan nya adalah mengapa acara televisi maupun acara radio bisa kita nikmati secara gratis?

Dapat uang darimana mereka untuk terus memberikan siaran gratis kepada kita?

Jawaban sederhananya adalah pihak stasiun tv mamupun stasiun radio memperoleh dana dari kerja sama bersama para sponsor atau pihak advertiser (periklanan).

Hal senanda berlaku juga terhadap blogger!

Hanya saja resiko kerugian bagi blogger sangat kecil. Sebab membangun blog tidak membutuhkan dana yang besar bahkan bisa dijalankan secara mandiri.

Pun demikian blog ada yang bisa diciptakan secara gratis juga berbayar namun beberapa diantaranya masih terbilang murah.

Meski demikian, tidak selamanya membuat blog dan menjadi blogger serta merta kita langsung bisa memiliki penghasilan. Sebab ada proses Panjang yang perlu dilalui sebelum blog yang dibuat layak dan bisa menghasilkan.

Beberapa kelayakan tersebut diantaranya:

1. Blog Memiliki Kualitas Yang Baik

Maksud blog yang memiliki kualitas yang baik adalah blog yang memiliki tampilan yang rapih, menu navigasi yang jelas untuk mempermudah pengunjung mengakses blog, serta isi atau konten (artikel) blog yang bermanfaat bagi pembaca.

2. Blog Memiliki Niche atau Topik Yang Fokus

Sebenarnya membuat blog memang tidak harus memiliki topik yang fokus, bisa saja menulis dengan konten yang beragam atau gado-gado. Namun untuk tujuan memiliki penghasilan sebaik-baiknya blog adalah blog yang fokus.

Alasan utamanya dikarenakan blog yang memiliki topik yang fokus mampu memberikan banyak informasi yang dibutuhkan pembaca terkait topik yang ingin diketahuinya. Misalnya blog-blog yang fokus membahas ilmu bisnis, fokus membahasa panduan Ms. Excel, membahas panduan blogging, dll.

Blog yang memiliki fokus memilki kualitas yang bagus dikarenakan blog akan tampak seperti buku online yang bila sewaktu-waktu ingin dibaca pengunjung cukup mencari blog kita dan mencari informasi yang mereka butuhkan.

3. Blog Memiliki Banyak Fans, Pengunjung dan Pembaca

Blog yang memang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang setidaknya harus mampu memiliki banyak pembaca atau pengunjung termasuk fans.

Semakin banyak kunjungan orang ke blog untuk membaca dan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Maka akan semakin baik blog dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan uang.

Sekarang Bagaimana Blogger Bisa Menghasilkan Uang?

Sekali lagi bagi yang belum baca bisa membaca artikel saya yang lain di: “Darimana Blogger Dapat Uang dan Berpenghasilan dari Internet.”

Jadi, sebelum blog bisa menghasilkan uang setidaknya blog wajib memiliki 3 kualitas dasar tersebut. Dengan begitu blog bisa mendapatkan lirikan dari pihak advertiser.

Blogger Menghasilkan Melalui Monetisasi Blog (Kerjasama dengan Publisher Iklan)

Atau, jika tidak mau menunggu ada pihak advertiser menghubungi kita. Maka blog bisa diusulkan untuk melakukan kerja sama bersama pihak publisher: Seperti Google Adsense, Mgid, Revenuehits, dan masih banyak lagi.

Namun publisher yang paling fenomenal dan cukup digilai banyak blogger di seluruh dunia adalah Google Adsense.

Tetapi satu hal yang perlu diingat!

Untuk mengajukan blog sebagai Publisher Google Adsense dan supaya blog dapat menayangkan iklan dan mendapatkan bayaran dari klik pengunjung terhadap iklan yang tayang di blog. Maka ada syarat yang harus dipenuhi oleh blog.

Syarat utamanya adalah blog wajib berisi konten original dan tidak terindikasi sebagi blog spam, bukan konten pornografi, bukan konten bajakan, termasuk bukan konten plagiat atau copy paste.

So, jangan asal membuat blog, isi konten sembarangan lalu sudah yakin bisa menjadi publisher google adsense.

Ingat prosesnya tidak mudah untuk memonetisasi blog dengan iklan supaya bisa menghasilkan, sebab ada proses dan ada syarat yang harus dipenuhi.

Blogger Menghasilkan Uang Melalui Kerja Sama Content Placement

Selain pendapatan blog atau blogger menghasilkan uang melalui monetisasi blog dengan layanan publisher. Blog juga bisa menghasilkan uang melalui kerja sama content placement.

Kerja sama content placement adalah kerja sama antara blogger dengan pihak advertiser atau sponsor terkait konten atau posting artikel seperti: mereview produk advertiser, mempromosikan produk advertiser, dan sejenisnya.

Saya dalam beberapa kesempatan sudah dua kali mendapatkan kerja sama content placement.

Kerja sama yang pertama dari salah satu Web Hosting di Indonesia sementara kerja sama yang kedua datang dari salah satu Toko Online di Indonesia.

Keduanya menghubungi saya melalui contact form di blog lalu menawarkan saya untuk mengulas atau membuat artikel review terkait produk mereka. Dimana untuk setiap satu artikel review saat itu dikisaran 800-1000 kata saya memperoleh bayaran Rp 300.000 – Rp 500.000 per artikel review.

Tentu meski ini tidak didapatkan setiap hari, tetap saja ini adalah salah satu contoh nyata bahwa blog memang bisa menghasilkan uang.

Selain itu, langkah terakhir bagi pembuat blog untuk menghasilkan uang adalah dengan menjual blog yang dibuatnya. Cara ini pun bisa menghasilkan uang.

Tetapi, untuk investasi jangka Panjang! Maka membangun blog hingga sukses adalah saran terbaik.

Demikian ulasan saya mengenai “Siapa Yang Gaji Blogger? Padahal Hanya Ngeblog dan Nulis!” bisa memberikan informasi yang cukup bermanfaat untuk anda.

Semoga ada manfaat dari celoteh ini…

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus