Welcome to www.winkamaru.com

Pengertian Web Browser & Search Engine


Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat modern di era milenial seperti sekarang. Baik untuk kebutuhan bertukar informasi hingga kebutuhan eksis untuk bisa dibilang keikinian dengan mengunggah aktivitas mereka secara online melalui media sosial.

Internet telah menjadi momok yang menarik dan sangat berpengaruh terhadap kepribadian manusia di era milenial seperti saat ini. Hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan internet dimanfaatkan untuk media belajar dan berbagi termasuk pada kondisi fatal internet menjadi metode penyebaran hoax yang paling mumpuni oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Semua kita mungkin telah terbiasa dan mengenal apa itu internet. Namun untuk mengakses internet mengecualikan media sosial untuk eksis. Saat berinternet terutama dalam mencari informasi dan bahan bacaan online kita membutuhkan yang namanya Web Browser dan Search Engine.

Tidak jarang banyak diantara kita yang salah kaprah mengartikan web browser sebagai search engine. Padahal keduanya berbeda namun saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Berikut penjelasannya:

a. Pengertian Web Browser

Web Browser atau Browser adalah sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk melakukan browsing (berselancar di internet) dalam mencari informasi berupa bahan bacaan, mengunduh film, bersosial media, membeli music, belanja produk online, serta kebutuhan-kebutuhan lainnya yang memanfaatkan internet.

Jadi setiap kegiatan online atau berinternet yang kita lakukan, wajib membutuhkan aplikasi khusus yang dapat dimanfaatkan untuk dapat mengakses internet. Misalnya Google Chrome, Opera, FireFox, Yandex, Maxthon, dll.

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi browser yang memiliki banyak manfaat untuk mengakses internet dan membuka berbagai situs online termasuk media sosial. Khusus di Indonesia terutama di awal munculnya warnet-warnet penyedia layanan internet. Browser yang paling populer digunakan dan dikenal adalah Google Chrome dan FireFox.

b. Pengertian Search Engine

Sebagaimana telah disinggung pada paragraf ke tiga dan ke empat di atas, bahwa dalam pengoperasiannya web browser atau browser membutuhkan search engine (mesin pencari) untuk melengkapi aktivitas browsing (berselancar di internet) dalam mencari informasi.

Search Engine yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai mesin pencari adalah sebuah sistem mesin dengan algoritma khusus yang dirancang supaya mampu melakukan pengindeksan atau pencarian informasi di internet secara otomatis berdasarkan keyword yang diketik pengguna atau user.

Mesin pencari atau search engine yang cukup populer di dunia saat ini misalnya: google.com, dan menyusul yahoo.com serta beberapa search engine lainnya.

Jadi, antara browser dan search engine keduanya bekerja secara bersama-sama untuk membantu user mengakses internet dan mencari informasi yang dibutuhkan secara mudah dengan memanfaatkan salah satu search engine. contohnya menggunakan google.com untuk mencari informasi di internet.