Welcome to www.winkamaru.com

Cara-cara Ngeblog yang Benar Bagi Blogger Pemula


(Umum) - Bagi blogger pemula, tentu ketika baru pertama kali memasuki dunia blogging atau dunia per-blogger-an. Pasti punya segudang pertanyaan mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukannya sebagai blogger pemula.

Pada postingan ini, saya bukan bermaksud menggurui melainkan membagikan sebuah pandangan sederhana serta yang saya anggap cukup penting untuk diketahui oleh setiap blogger yang baru mencoba blogging atau ngeblog.

Tulisan ini sekiranya akan menggambarkan pandangan saya serta saran-saran saya kepada setiap blogger terutama blogger pemula bagaimana memulai blogging dan apa saja yang perlu disiapkannya.

Jadi, karena ulasan berikut adalah tips berdasarkan gagasan dan subjektivitas saya pribadi. Maka diharapkan bagi setiap blogger untuk mampu menyaring dan menerima yang menurutnya bermanfaat dan positif saja. Silakan menambahkan bila menurut anda ada pedoman blogging yang kurang ngeh menurut anda.

cara-cara ngeblog bagi pemula adalah pedoman penting untuk memasuki dunia blogging yang positif - gambar by: bloghostingindonesia.com

Cara-Cara Ngeblog Yang Benar (Bagi Blogger Pemula)

Saat pertama kali memasuki dunia blogging, sebaiknya hal-hal berikut ini menjadi perhatian serius seorang blogger. Sekaligus sebagai pedomannya di awal-awal memasuki dunia blogging supaya bisa menjadi blogger yang positif (bertanggung jawab).

1. Ketahui Blog Yang Hendak Anda Buat

Membuat blog memang gampang, bahkan ada yang gratis. Namun bukan itu hal yang pertama kali harus blogger ketahui. Blog adalah sebuah situs online yang di dalamnya menyediakan berbagai informasi yang sekiranya bermanfaat untuk pembaca atau pengguna internet (user).

Menekankan pada makna bermanfaat. Maka blog sebaiknya memiliki muatan positif dan dipandang berguna untuk pembaca. Ibaratnya sebuah buku, maka blog penting mengandung informasi yang dibutuhkan pembaca.

Berdasarkan hal ini kita bisa menyimpulkan blog ada yang bermanfaat untuk pembaca ada juga yang tidak bermanfaat. Tentu saja, sebagai blogger kita ingin memiliki blog yang bermanfaat untuk pembaca blog kita.

Namun sudah tahukah apa itu bermanfaat?

Menjelaskan apa itu bermanfaat cukup sulit. Sebab pembaca lah yang akan mendapatkan manfaat itu dan pembaca sendirilah yang bisa merasakannya. Sebagai penulis blog kita hanya berusaha mencurahkan tulisan yang bermanfaat.

Oleh karenanya sekiranya buatlah blog yang menurut anda, bisa memiliki manfaat bagi pembaca blog anda. Hati-hati dalam menyebarkan informasi dan sumber-sumber referensi yang dimuat. Sebab hoax adalah musuh terbesar blogger.

2. Jenis Blog Seperti Apa Yang Akan Anda Kembangkan?

Pada prosesnya nanti, blog anda pasti akan diarahkan salah satunya untuk memperoleh uang melalui aktivitas blogging. Kita tidak bisa memungkiri itu, bahwa mencari uang dengan ngeblog itu wajar-wajar saja.

Tetapi tantangan terbesar anda sebagai blogger adalah jenis blog seperti apa nantinya yang bagus anda kembangkan untuk bisa menjadi asset online anda dalam mencari uang di internet?

Jenis-jenis blog banyak sekali, ada blog personal yang termasuk blog gado-gado (blog dengan artikel topik campuran), blog otoritas (blog fokus terhadap satu topik utama), blog niche (blog yang fokus terhadap pemilihan keyword), hingga ada blog download (blog khusus untuk pengunduhan aplikasi, dll).

Intinya dengan mengetahui jenis blog yang anda buat, maka anda akan memiliki pandangan dan metode yang bisa dipilih untuk membuat blog bisa menjadi asset online yang menghasilkan dari internet.

Pelajari ini, sehingga anda bisa mengenal blog anda sendiri dan potensi-potensi yang bisa didapatkan nanti.

3. Blogging Boleh, Cari Uang Boleh Tapi Jangan Melulu Hanya Uang Saja

Memang tak ada salahnya blogging sambil mencari uang, namun jangan langsung beranggapan bahwa dengan ngeblog kita bisa langsung dapat banyak uang dan cepat kaya. Pikiran seperti ini adalah pemikiran sesat.

Sebab mendapatkan uang dari ngeblog tidak semudah dengan yang kita percaya berdasarkan informasi atau artikel online yang kita baca. Tapi memang benar blogger memiliki potensi berpenghasilan puluhan juta per bulan bahkan ratusan juta. Namun semua itu dilalui dengan proses panjang dan tidak instan.

Jangan baru setahun dua tahun ngeblog sudah berharap menghasilkan puluhan juta per bulan. Jika berharap demikian maka imbangi harapan itu dengan usaha dan kerja keras serta tanggung jawab anda dalam mengelola dan membangun blog supaya sukses.

Jika yang dihasilkan masih kecil, lihatlah kembali kebelakang, bagaimana usaha anda sebagai seorang blogger, dan hal-hal apa saja yang telah dikerjakan?

Kita harus selalu mengevaluasi seluruh usaha dan kerja keras yang dilakukan dengan hasil yang didapat. Jangan sampai usaha dan kerja ternyata malas tapi sudah berharap punya pendapatan besar. Jadi, kita perlu bertanggung jawab dengan diri sendiri untuk mencapai hasil yang diinginkan.

4. Menulislah dan Jangan Mengandalkan Copas

Copas memang menyenangkan, bahkan mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan copas dalam sehari kita bisa saja mengepost ratusan artikel di blog. Tapi apakah itu membahagiakan kita sebagai blogger?

Jika kita kembali kepada pengertian blogger, maka kita akan tahu bahwa blogger adalah seorang nara blog yang menulis memanfaatkan media blog untuk menyampaikan gagasannya termasuk bercerita tentang pengalaman dan hal-hal mengenai dirinya.

Pada hal yang mendasar tersebutlah, kita tahu bahwa blogger adalah seorang nara blog atau penulis blog bukan seorang copaser. Sehingga menulis adalah ciri utama kita sebagai seorang blogger dan menjadi copaser adalah kelas yang paling rendah level nya, sebab kita bisa dianggap sebagai blogger malas atau blogger yang serba instan.

5. Belajarlah Mengenai Teknik-Teknik Blogging, Dimulai dengan Rajin Membaca

Namanya juga belajar, maka guru yang paling baik adalah diri kita sendiri. Kedisiplinan tidak hanya ada di sekolah. Dalam dunia kerja termasuk manajemen kerja sebagai tujuan bisnis. Kita perlu banyak ilmu untuk mengatur waktu termasuk kesempatan untuk belajar banyak hal.

Teknik-teknik blogging tidak hanya ada mengenai cara menulis artikel saja, jauh dari itu, blogger juga perlu mempelajari seluk beluk tentang blog. Meng-optimasi blog, membuat konten yang menarik, membuat blog yang ramah terhadap pembaca dan pengunjung serta banyak hal lainnya.

Blogger harus rajin membaca serta hukumnya diwajibkan. Sebab dengan membaca akan banyak ilmu yang akan diserap serta akan semakin matang wawasan kita sebagai blogger. Dan karena blogger adalah penulis blog, maka banyak baca sangat bagus untuk memperkaya dan mempertajam ingatan sekaligus kemampuan menulis seorang blogger.

Sebenarnya sangat banyak yang perlu dipelajari oleh blogger tanpa terkecuali ia masih pemula, menengah, atau sudah profesional. Karena ngeblog atau blogging adalah kegiatan yang setiap hari berkembang menyesuaikan dengan zaman.

Blogger juga harus belajar beradaptasi dengan hal-hal yang berkaitan dengan dunia digital, untuk menopang blognya bisa bersaing dengan blogger lainnya.

Sekian tulisan sederhana saya di atas mengenai cara-cara ngeblog bagi blogger pemula atau tepatnya tips sederhana yang perlu diketahui blogger pemula untuk membangun kesiapan nya terjun ke dunia blogging.

Semoga bermanfaat...