Welcome to www.winkamaru.com

Cara Buat Domain Gratis di Freenom Berhasil


Postingan berikut ini akan membahas tutorial atau panduan blogging mengenai cara mendaftarkan domain gratis untuk blogger di layanan penyedia domain freenom.

Mendaftarkan domain gratis di freenom sebenarnya adalah solusi atau alternatif yang bisa blogger pilih untuk memperpendek subdomain blognya yang masih menggunakan --blogspot menjadi nama domain sendiri.

Namun perlu diingat, pendaftaran domain gratis yang didapatkan di freenom hanya ada lima jenis domain yang bisa diambil. Diantaranya adalah: .GA, .TK, .CF, .ML, dan .GQ saja.

Conthonya:
  1. namakamu.ga
  2. namakamu.tk
  3. namakamu.cf
  4. namakamu.ml; dan
  5. namakamu.gq

Jadi kita tidak bisa mendapatkan domain pro lainnya seperti domain yang populer .COM, .NET, .ID, dan domain-domain kelas atas populer lainnya. Kita hanya bisa mendapatkan lima pilihan domain gratis yang sudah disediakan oleh freenom seperti di atas.

Cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan, sebab oleh beberapa blogger termasuk yang dibahas oleh PanduanIM.com menggunakan domain gratis dari freenom tidak bagus dan tidak disarankan. Alasan utama yang mendasarinya adalah tidak bagus dari sisi SEO.

Baca Juga:

Namun jika teman-teman tetap berminat karena lumayan dan cukup baik untuk memperpendek alamat blog menjadi tampak professional. Maka silakan ikuti ulasan saya di bawah:

Langkah 1
Pada langkah pertama ini, pastikan anda sudah mendaftarkan akun anda ke freenom untuk mempermudah proses pendaftaran domain nantinya. Anda bisa daftar dan masuk ke freenom melalui email atau pilihan pendaftaran lain dengan login via facebook.

Silakan kunjungi freenom dengan cara copy paste tautan di bawah ini ke tab browser anda.

 http://www.freenom.com/


Langkah 2
Saya akan menganggap anda sudah terdaftar di freenom dan sudah masuk (login). Jika demikian silakan langsung saja masukan nama domain yang hendak anda daftarkan lalu pilih "cek ketersediaan"


Langkah 3
Silakan pilih extensi atau akhiran domain yang diinginkan. Pada contoh ini saya memilih domain --molengo.ga, silakan tambahkan pilih dapatkan sekarang.


Langkah 4
Setelah domain terpilih, silakan lanjutkan dengan memilih pemeriksaan. Lihat seperti gambar!


Langkah 5
Silakan ubah umur domain dari 3 Months @ Free menjadi 12 Months @ Free agar kita bisa menggunakan domain tersebut gratis selama setahun.


Langkah 6
Sekarang silakan pilih "terus" atau "next" untuk melanjutkan.


Langkah 7
Selanjutnya kita akan masuk kepada tahap Review & CheckOut. Silakan masukan data atau informasi diri anda. Tidak perlu menggunakan nama asli. Termasuk alamat country gunakan luar negeri saja.

Saya sendiri menggunakan United Kingdom dengan state/region adalah England. Lalu silakan cek list untuk menyetujui persyaratan dan pilih "Complete Order"


Langkah 8
Sampai di sini domain anda telah sukses didaftarkan. Silakan pilih Jasa atau Service. Lalu pilih domain saya. Untuk melihat status domain yang sudah anda daftarkan secara gratis di freenom.


Langkah 9
Setelah domain anda aktif, maka silakan untuk menghubungkannya langsung ke blog atau blogspot anda.


Note - Mengenai cara menghubungkan atau mengganti domain blogspot dengan domain gratis yang sudah didaftarkan di freenom. Silakan untuk menonton panduan dan caranya pada video di bawah. Video berikut adalah tutorial mendaftarkan domain gratis di freenom sekaligus cara menghubungkan domain tersebut ke blogspot anda.


Perhatian!
Jika daftar freenom gagal terus. Berikut Alasan dan Penyebab yang Mungkin Terjadi!

Saat ini untuk mendaftarkan domain gratis di freenom anda perlu mengakses freenom melalui IP luar negeri. Jika menggunakan IP Addres Indonesia, maka domain gratis di freenom tidak bisa didaftarkan dengan keterangan bahwa domain tidak tersedia.

Solusinya silakan anda mengakses freenom menggunakan tools penyamaran IP luar negeri. Saya sendiri mengakali hal tersebut dengan menambahkan extensi anonymox ke browser google chrome atau firefox dan masuk melalui IP luar negeri yakni Netherland atau Belanda.


Selain itu, untuk mempermudah anda. Silakan mendaftarkan domain anda ke freenom saat anda sudah memiliki akun terlebih dahulu di freenom. Plus gunakan browser yang memiliki tools translate bahasa situs ke bahasa indonesia seperti pada browser google chrome maupun yandex.

Demikian panduan blogging kita kali ini mengenai cara daftar domain gratis di freenomSemoga bermanfaat dan silakan dipraktekkan...