Welcome to www.winkamaru.com

Cara Membuat Postingan Blog Valid AMP


Jika kamu adalah seorang blogger yang baru pertama kali menggunakan blog AMP, pasti menemukan kendala ini. Yakni, postingan blog termasuk seluruh halaman blog kamu ternyata tidak valid amp di hasil penelusuran termasuk melalui uji AMP Google.

Bagi pengguna blogger.com, yang ingin mendapatkan fitur AMP di blognya, maka wajib mengganti template blog yang masih menggunakan HTML biasa dengan template Blog yang sudah support AMP HTML. Plus wajib untuk mengedit seluruh postingan di blognya supaya valid amp.

Oleh karenanya, jika anda memiliki ribuan postingan di blog, ketika nanti menggunakan AMP untuk blog anda. Maka ribuan postingan tersebut wajib anda edit jika ingin seluruh postingan tersebut valid amp dan mendapatkan penelusuran khusus oleh Google Amp ditandai icon petir di hasil pencarian google mobile.


Jadi, syarat mutlak bagi blog yang menggunakan platform blogger.com supaya postingan blog menjadi valid AMP adalah:

1. Menggunakan Template Blog yang sudah support terhadap AMP HTML

Saat ini, blogger.com belum support terhadap AMP Google secara otomatis. Sehingga untuk membuat sebuah blog yang valid terhadap AMP. Maka kita hanya bisa menggunakan template blog yang sudah di-custom oleh para desainer template blog dengan fitur yang sudah support terhadap AMP HTML.

Anda bisa mencari template blog AMP di google. Sudah banyak blogger yang membuatnya dan dibagikan secara gratis juga berbayar.

2. Edit Seluruh Postingan Blog mu dengan Cara Berikut

Yang perlu diingat dalam memposting tulisan supaya valid AMP adalah memperbaiki setiap postingan blog yang menggunakan gambar dan video menggunakan kode AMP HTML.

2.1 Mengedit Kode Gambar Supaya Postingan Valid AMP

Jika hendak memposting gambar di dalam postingan blog AMP. Maka kode gambar yang diposting ke blog harus disisipkan ke dalam kode AMP HTML seperti berikut:

 <amp-img src="url-gambar-disini"  
   width="1080"  
   height="720"  
   layout="responsive"  
   alt="AMP HTML"></amp-img>  

Di atas, pada tulisan "URL GAMBAR DI SINI". Silakan diganti dengan url gambar yang akan diposting ke blog AMP anda.

Perhatian!
Penulisan kode di atas harus diinput dalam mode penulisan HTML bukan penulisan Compose biasa.

Selengkapnya Baca: Cara Memposting Gambar Valid AMP di Postingan Blogger

2.1 Mengedit Embed Kode Video Youtube, dll

Sama halnya seperti menerapkan gambar dalam postingan blog AMP, untuk menyisipkan video youtube termasuk embed dari media sosial lainnya. Baik facebook, instagram, twitter, dll.

Wajib disisipkan ke dalam kode yang sudah valid AMP HTML.

Misalnya kode video amp-youtube akan disisipkan ke dalam AMP HTML. Maka perlu disisipkan dalam mode penulisan HTML menggunakan kode seperti berikut:

 <amp-youtube   
  data-videoid="r3X98BulIXk"   
  height="270"   
  layout="responsive"   
  width="480">   
  </amp-youtube>  

Kode "r3X98BulIXk" adalah kode id dari video youtube. Silakan masukkan kode id video YouTube yang akan anda gunakan.

Selengkapnya baca: Cara Posting Video Youtube di Blog Valid AMP

Untuk memasukan embed media sosial lain seperti: facebook, instagram, twitter, dan soundcloud baca selengkapnya di:


Jadi, mengenai cara membuat postingan valid amp di blogger, syarat utamanya adalah semua kode video maupun gambar wajib dimasukkan ke dalam postingan HTML dengan kode-kode yang sudah support terhadap AMP HTML.

***

Jika anda membutuhkan template blog valid AMP, saya merekomendasikan template AMP HTML buatan Kang Ismet seperti yang saat ini saya gunakan pada blog: https://catatan.winkamaru.com

Demikian ulasan saya di atas, semoga bermanfaat dan silakan dipraktekan ke blog AMP anda. Sukses...