Welcome to www.winkamaru.com

Tips Pemula: Buat Blog Jadi Rapi dan Menarik


Halo sobat blogger kali ini jumpa lagi dengan saya di winkamaru.com pada ulasan tips panduan blogging bagi pemula. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips sederhana khusus bagi teman-teman blogger pemula supaya bisa menjadikan blognya lebih keren, menarik dan tentunya tertata dengan rapi sehingga enak dipandang mata.

Manfaat utama dari menjadikan blog terlihat keren, menarik, dan rapi adalah untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga dengan mudah menuntun pembaca nyaman membaca beberapa artikel yang ada di blog milik kita.

Bayangkan bagaimana rasanya ketika membaca sebuah artikel di blog, tapi kondisi tampilan blognya membuat kita pembaca merasa risih? Misalnya iklan yang berterbangan, widget-widget bergerak yang mengganggu, tata letak yang membingungkan, hingga pada kondisi font baik jenis tulisan dan warnanya yang terlalu kontras? Pasti akan membuat membaca tidak terlalu menyenangkan dan membosankan bukan?

Jangan buat pembaca blog kita menemukan masalah seperti di atas!

Jadi, supaya pengunjung blog menjadi betah dan berlama-lama di blog kita. Kita perlu melakukan perubahan kepada blog kita sehingga bisa menjadi tampak keren, menarik dan tentunya memiliki tampilan yang ramah dan responsif.

Nah, sekarang kita masuk kepada tips membuat blog menjadi keren, menarik dan rapi!

- Langkah 1
Gunakan Template Blog yang sudah Responsif dan Mendukung SEO. Pada langkah ini penting bagi kita untuk mencari template blog yang memiliki desain yang sudah dioptimasi menjadi responsif dan SEO, selain itu usahakan telah memiliki desain yang cukup menarik dan rapi.

Untuk itu kita bisa membeli template blog, atau mencari template blog yang dibagikan secara gratis, contoh template blog yang saya rekomendasikan misalnya: Template AMP HTML buatan Kang Ismet, template VioMagz buatan Mas Sugeng, Template-Template SEO dari Bung Frangki dan masih banyak lagi.


Carilah jenis template yang sudah keren dan menarik menurut teman-teman berdasarkan kebutuhan.

Perhatian!
Membuat blog menjadi keren dan menarik tidak selamanya harus dengan mendesain ulang template blog secara mandiri, kita bisa menggunakan banyak template custom untuk blogger yang saat ini telah banyak disediakan dan dibagikan gratis dan berbayar. Tinggal memilih...

- Langkah 2
Setelah mempunyai satu template blog yang menurut teman-teman sudah keren, saatnya untuk membuat blog menjadi lebih rapi lagi. Hal yang perlu diterapkan yaitu:

Gunakanlah atau gantilah ilustrasi gambar pada postingan yang akan menjadi thumbnail artikel dengan gambar-gambar yang berkualitas HD atau dioptimasi sendiri sesuai selera.

Khusus bagi www.winkamaru.com biasanya saya menggunakan gambar gratis dari pixabay.com atau dengan buat thumbnail gambar sendiri menggunakan aplikasi FastStone Capture yang rata-rata ukuran gambar saya ubah dengan ukuran 1080px X 720 px dalam ukuran lebar dan tinggi gambar atau disesuaikan dengan kondisi thumbnail template yang digunakan.

Dengan begitu biasanya akan membuat tampilan blog menjadi tampak rapi karena berisi thumbnail gambar yang berkualitas.

- Langkah 3
Sebelum artikel yang ditulis diterbitkan di blog, sebaiknya lakukan preview terlebih dahulu untuk melihat tata letak tulisan. Apakah sudah rapi atau masih ada yang perlu diperbaiki?

Banyak kesalahan yang dilakukan blogger pemula ketika menerbitkan artikel blog dengan menggunakan kondisi rata kiri kanan, padahal pada penulisan artikel di blog yang baik adalah dengan menggunakan rata kiri saja. Kecuali penulisan arab yang disesukain jadi rata kanan.


Selain itu untuk menambah artikel yang ditulis tampak lebih rapi yakni dengan membuat paragraf-paragraf pendek. Bisa dengan memulai setiap paragraf dengan tiga hingga empat baris saja. Seperti tipografi penulisan pada puisi narasi, plus tentunya disesuaikan selera.

Intinya hanya membuat paragraf tulisan tidak terlampau panjang seperti paragraf penulisan buku.

- Langkah 4
Hindari memasang widget termasuk animasi bergerak secara berlebihan, sebab selain membuat loading blog menjadi berat. Hal tersebut mempengaruhi kenyamanan dan merusak tampilan blog.

Selain itu bila blog memiliki iklan, tempatkan iklan secara wajar dan jangan sampai terdapat iklan melayang yang malah menutup isi artikel yang hendak dibaca pengunjung. Tempat yang bagus untuk menempatkan iklan, bisa pada header blog, bawah judul artikel, di bawah postingan hingga di tengah artikel serta tempat space iklan lain yang wajar.

- Langkah 5
Buatlah judul artikel blog dengan tidak menggunakan Huruf Besar semuanya. Hal ini sebagaimana dikutip dari contohblog.com menurut hasil penelitian pakar desain web bernama Jakob Nielsen.

Judul artikel blog yang menggunakan seluruh huruf besar (Huruf Kapital) akan memperlambat keterbacaan sebuah artikel. Dengan kata lain, judul artikel yang menggunakan seluruh huruf besar bisa mengurangi tingkat keterbacaan dan menjadi tidak user friendly atau sedikit mengganggu di mata pembaca.

***

Sebenarnya masih banyak persoalan yang harus dipikirkan untuk membuat blog menjadi keren, menarik, dan rapi terutama membuat blog menjadi nyaman untuk pengunjung dan pembaca.

Beberapa langkah di atas adalah bagian terkecil dari semua itu. Tapi dengan menerapkan lima poin di atas itu sudah cukup membuat blog menjadi enak dipandang mata dan menjadi lebih keren dan menarik.

Selanjutnya adalah tanggung jawab kita sebagai blogger dalam membagikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi pembaca blog kita.

Salam blogging teman... Sukses Selalu...