Welcome to www.winkamaru.com

Pengertian Domain dan Subdomain Serta Fungsinya


Halo sobat blogger, mungkin di antara teman-teman ada yang masih sering menanyakan tentang pengertian dari domain maupun subdomain, bahkan fungsi dan manfaatnya.

Jika demikian, maka dalam tulisan ini saya akan menjelaskan sedikit persoalan mengenai apa itu domain dan apa itu subdomain, sehingga bagi anda yang masih seorang pemula dalam dunia blogging bisa memahaminya.

Teman-teman pasti sudah terbiasa membuka situs-situs online di internet, misalnya mengakses sosial media di facebook.com, twitter.com, instagram.com dan juga pasti sudah sering browsing mencari referensi bacaan artikel melalui salah satu mesin pencari terkenal melalui google.com bukan?

Tanpa disadari teman-teman ternyata telah berjumpa dengan berjuta-juta domain melalui aktivitas online yang teman-teman lakukan.

Pengertian Domain

Saat teman-teman mengakses sosial media seperti facebook maka ketika membuka halaman www.facebook.com atau mesin pencari www.google.com secara tidak langsung kita telah mengakses dua domain yaitu facebook.com maupun google.com dan bisa menemukan domain-domain lain yang ada di internet.

Dikutip dari pengertianku.net yang dimaksud dengan domain adalah sebuah nama unik yang diberikan pada server atau IP Address, sehingga server maupun IP Address dapat diidentifikasi melalui jaringan internet dan dapat dipanggil melalui nama domain khusus.

Misalnya: IP Address dari google dengan kode 173.194.69.94 yang bisa dipanggil melalui jaringan internet dengan domain khusus yaitu www.google.com meski sebenarnya bisa saja pengunjung membuka google melalui alamat IP Addres-nya langsung melalui kode 173.194.69.94

Fungsi Domain

Oleh karenanya berdasarkan pengertian di atas, secara sederhana bisa disimpulkan bahwa fungsi sebuah domain adalah memberikan nama pada sebuah alamat IP Address dengan nama khusus yang dapat dengan mudah diingat pengunjung, ketimbang hanya menggunakan alamat IP Address dengan kode angka matematika yang sulit diingat.

Sehingganya ketika nantinya kita ingin mengunjungi situs google melalui IP 173.194.69.94 kita cukup dengan mengetik keyword domain nya, yaitu google.com dan secara otomatis melalui internet kita akan langsung diarahkan ke google.

Begitulah kira-kira gambaran mengenai domain, cara kerja dan fungsinya dalam mempermudah aktivitas online kita.

Pengertian Subdomain

Selain domain ada pula istilah lain yang disebut dengan subdomain. Tapi meski memiliki penyebutan yang berbeda subdomain memiliki fungsi yang sama seperti domain. Dimana keduanya memiliki cara kerja dan fungsi yang sama dalam menerjemahkan IP Address sebuah situs web ke nama atau alias yang mudah diingat.

Karena namanya subdomain, maka yang dimaksud dengan subdomain adalah bagian terkecil yang bisa diturunkan dari domain utama.

Misalnya: Domain blog ini yang beralamatkan di www.winkamaru.com (domain utama) bisa terus diturunkan ke dalam beberapa subdomain baru atau turunan dari domain utama menjadi catatan.winkamaru.com (subdomain) atau yang lainnya dengan alamat situs selalu berakhiran winkamaru.com.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa subdomain adalah sebuah alamat situs web / blog yang menempel pada domain utama menjadi nama alamat situs yang baru.

Demikian tulisan singkat kali ini, semoga penjelasan ringkas di atas dapat menambah referensi blogging yang sedang teman-teman jalani...