Welcome to www.winkamaru.com

Pengertian dan Manfaat Domain Menurut Awam


Membahas persoalan domain sebenarnya sudah tidak begitu penting bagi mereka-mereka yang sudah lama malang melintang di jagad persilatan blogger. Banyak pakar blogger dan ahli di bidangnya yang telah mendefinisikan pengertian dan manfaat domain. Bahkan saat ini, jika kita mencari di google mengenai apa itu domain dan apa manfaat dari domain, maka akan bertebaran banyak artikel yang sudah membahasnya.

Domain memiliki banyak manfaat dan fungsi, tidak hanya sebagai alamat atau nama sebuah situs blog maupun website

Namun untuk beberapa kawan yang bingung dengan pengertian-pengertian itu, saya mencoba mengulas kembali pengertian domain dan manfaatnya, namun dari sudut pandang awam. Maksudnya adalah menjelaskan pengertian domain dan manfaatnya menurut pengertian yang mudah untuk dipahami bagi pemula.

Sebenarnya mengenai persoalan domain saya telah menulis salah satu artikel ringkas yang membahas itu, yakni pada artikel saya yang berjudul pengertian dan fungsi domain serta subdomain. Pada tulisan tersebut saya menjelaskan domain adalah sebuah nama unik sebuah alamat situs online seperti website, blog atau mesin pencari (search engine). 

Nama unik tersebut digunakan untuk mengganti sebuah alamat IP Address yang berupa kumpulan angka, dan merupakan sebuah alamat server sebuah situs supaya mudah diketik atau dicari oleh user.

Misalnya:
Alamat IP Address berikut: 173.194.69.94 adalah sebuah alamat dari mesin pencari Google.com. Dimana ketimbang harus menghafal angka-angka tersebut untuk membuka google lebih mudahnya mengingat alamat tersebut dengan 'google.com'

Pengertian Domain

Pengertian domain di atas, mungkin agak ribet. Untuk menyederhanakan pengertian tersebut tanpa banyak embel-embel dari Alamat IP Address yang mungkin kita tidak tahu darimana asal usulnya, pasti berpikir itu tidak terlalu penting.

Oleh karenanya kita bisa mengasumsikan bahwa pengertian domain adalah sebuah alamat situs: website, blog termasuk mesin pencari (search engine) yang setiap nama atau alamat tersebut biasanya ditambahkan ekstensi khusus seperti .com, .net, .id, .co.id, .org, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya alamat blog saya di winkamaru.com bisa dikatakan sebagai sebuah domain dengan nama khusus, karena memiliki ekstensi .com setelah nama winkamaru.

Ekstensi domain yang ada, sebenarnya sangat banyak. seperti: .COM, .NET, .ORG, .ID, .CO.ID, dan masih banyak yang tidak disebutkan.

Namun domain yang sangat populer adalah domain dengan ekstensi .COM, ekstensi domain ini bahkan diklaim sebagai domain populer sepanjang masa oleh beberapa web hosting Indonesia. Meski saat ini, domain Indonesia pun tidak kalah bergengsi, seperti domain ekstensi .ID, .CO.ID, yang telah digunakan banyak blog dan website di Indonesia.

Manfaat Domain

Mengenai manfaat domain, sebenarnya setiap orang punya pendapat dan pandangan yang berbeda mengenai hal ini. Namun sebagai seorang awam manfaat domain bisa menjadi:

1. Kebutuhan Gaya-Gayaan dan Berbeda

Mengenai permasalahan domain ini, saya pernah menemukan seorang di salah satu grub online Blogger Indonesia, mengatakan bahwa apa bedanya domain ekstensi yang punya embel-embel .COM toh bagi pengguna blog yang menggunakan namaku.blogspot.com juga punya kok domain .COM di belakang nama atau alamat blognya.

Sebenarnya jika kita berpikir semua domain punya ekstensi salah satunya .COM memang tidak disalahkan. Namun domain yang utuh adalah sebuah domain yang berdiri sendiri tidak nebeng pada domain lain yang ada.

Misalnya: namakamu.blogspot.com sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai domain, sebab alamat atau nama situs tersebut sebenarnya nebeng atau menempel pada sebuah domain utama yaitu: blogspot.com yang kalau dikunjungi akan dialihkan ke blogger.com.

Oleh karenanya alamat atau nama situs tersebut. kita sebut sebagai subdomain dan bisa didapatkan secara gratis. Oleh karenanya setiap orang bisa membuat alamat blognya dengan menempel pada domain blogspot.com.

Sehingga bila ingin terlihat bergaya (gaya-gayaan) serta ingin memiliki nama situs atau blog yang berbeda dengan yang dimiliki orang lain. Maka dengan membeli dan menggunakan domain sendiri lebih terlihat keren oleh mereka yang suka gaya dan tampil berbeda dari yang lain.

2. Untuk Berkesan Profesional

Banyak yang beranggapan ketika menggunakan domain premium, misal: .COM, maka blog mereka akan tampak profesional. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, sebab blog dengan domain yang sudah premium. Biasanya dibangun dengan tujuan yang serius.

Alasan utamanya tentu untuk menghargai uang yang telah dikeluarkan untuk membeli domain.

Oleh karena itu, manfaat membeli domain untuk sebuah alamat online blog, bisa memicu keseriusan seorang blogger untuk bertanggung jawab dalam menciptakan konten blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjungnya.

Selain itu, hal tersebut dilakukan blogger untuk menjadikan blog yang dibuatnya bisa benar-benar mencerminkan kualitas, tidak hanya karena domain blognya yang sudah premium.

Di sinilah kemudian,sisi profesionalitas seorang blogger mulai digodok dan dibangun, supaya memberikan informasi yang bermanfaat melalui artikel-artikel di blognya.

3. Untuk Mudah diingat dan Dihargai Mesin Pencari Seperti Google

Mengenai hal ini, banyak orang yang mengakuinya bahwa memiliki sebuah nama domain yang unik, itu sangat bermanfaat untuk membuat pengunjung mudah mengingat alamat blog atau website kita. Sehingga suatu waktu mereka bisa datang kembali dengan menuliskan alamat blog kita di pencarian google atau melalui kunjungan langsung pada kolom input URL browser.

Tak hanya itu, bahkan digadang-gadang domain premium akan dengan mudah dihargai oleh mesin pencari seperti google. Sebab dinilai profesional dan bertanggung jawab. Oleh karenanya banyak yang mempercayai bahwa dengan domain premium alamat blog atau website mereka dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari (search engine) seperti: google, yahoo, dll.

Jadi, jika merasa blog masih sulit ditemukan di google atau mesin pencari lain. Mungkin teman perlu membeli dan menggunakan domain premium. Tidak menggunakan subdomain yang gratisan lagi.

Catatan Tambahan:
Perlu diingat, menjadi blogger yang profesional sebenarnya tidak dipatok dengan memiliki domain blog yang sudah premium saja. Melainkan blogger yang bersangkutan bisa menjadikan blognya bermanfaat bagi orang lain termasuk bagi dirinya sendiri.

Bermanfaat bagi orang lain misalnya bisa memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi kebutuhan pembaca dan pengunjungnya. Sementara bermanfaat bagi diri sendiri misalnya adalah blogger tersebut bisa mendapatkan pengaruh positif dari blognya seperti membantu kebutuhan finansial, kebahagiaan, dan kebutuhan lainnya.