Welcome to www.winkamaru.com

Cara Hilangkan Icon Obeng dan Tang di Blog


Bagi pengguna blogger.com pasti pernah menemui persoalan ini. Dimana mereka merasa risih dengan adanya icon Obeng dan Tang (yang benar icon Obeng dan Kunci Pas) pada salah satu widget yang terpasang di blog mereka.

Icon obeng dan kunci pas tersebut sebenarnya adalah menu quick edit di blogger yang memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Karena melalui menu tersebut kita bisa langsung mengedit widget blog tanpa harus masuk melalui tata letak maupun edit tema HTML blog. Sehingga proses pengelolaan blog menjadi lebih efisien.

Selain itu, icon quick edit tersebut sebenarnya tidak akan dilihat oleh pengunjung blog dan hanya bisa dilihat oleh admin atau pemilik blog saja. Tidak menghapus menu quick edit tersebut sebenarnya tidak terlalu bermasalah.

Namun jika teman-teman blogger masih merasa tidak nyaman dengan adanya menu tersebut, kita bisa menyembunyikan atau menghilangkannya sehingga tidak lagi muncul di blog.

Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Pertama, Menghapus menu quick edit secara manual.

Langkah 1
Login ke Blogger, masuk ke menu Tema dan pilih edit HTML

Langkah 2
Cari kode berikut di dalam Template, lalu hapus saja secara manual.

 <b:include name='quickedit'/>  

Langkah 3
Save template blog

Note: Jumlah quickedit di dalam template blog sesuai dengan jumlah widget yang terpasang di blog,  Sehingga setiap kali memasang widget baru di blog maka kode tersebut akan muncul otomatis di dalam template blog dan harus dihapus secara manual lagi.

Untuk itu, ada cara otomatis yang bisa kita terapkan untuk menyembunyikan seluruh menu atau icon quick edit tersebut tanpa harus menghapusnya satu persatu secara manual. Caranya adalah:

Cara Kedua, Menyembunyikan Menu Quick edit secara otomatis

Langkah 1
Pilih menu Tema dan pilih edit HTML

Langkah 2
Letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin> atau </style> lalu save template.

 .quickedit{display:none;}  

Dengan memasang kode tersebut, maka seluruh icon obeng dan kunci pas otomatis akan disembunyikan dan tidak tampil lagi di blog secara permanen.

Jadi, meski suatu saat kita akan memasang widget baru di blog maka kita tidak lagi perlu menghapus kode obeng, kunci pas atau tang secara manual lagi di dalam template blog.

Khusus saya sendiri, lebih enak menggunakan cara yang kedua karena kode quickedit akan disembunyikan secara otomatis tanpa perlu dihapus secara manual.

Sekian tutorial kita kali ini mengenai cara menghilangkan icon obeng dan tang di blog, semoga bermanfaat dan membantu...