Welcome to www.winkamaru.com

Darimana Penghasilan Seorang Blogger?


Beberapa teman pembaca yang saat ini membaca tulisan saya pasti sedang bertanya-tanya tentang darimana sebenarnya seorang blogger bisa mendapatkan uang serta berpenghasilan hanya dari aktivitas blogging mereka di internet.

Untuk menjawab ini sebenarnya terlampau banyak!

Media internet saat ini adalah lahan bisnis online yang yang sangat luas dan dapat menjangkau pasar yang sangat besar. Sebab itu, di luar sana banyak bisnis diiklankan dan dipromosikan secara online dengan berbagai metode.

Ada yang melalui metode periklanan memanfaatkan Google Ads, memasang iklan banner, beriklan dalam tulisan review, menjual produk melalui afiliasi dan sebagai dropshipper, menjual jasa dan keahlian tertentu serta masih banyak lagi.

Intinya semakin kreatif seorang blogger dalam menangkap semua peluang yang ada demi menjadikan aktivitas bloggingnya menghasilkan uang, maka melalui blog yang dimilikinya dan akses internet yang telah meluas seperti saat ini, peluang blogger menghasilkan uang dari aktivitas bloggingnya akan semakin menjanjikan.

Beberapa sumber penghasilan blogger diantaranya:

1. Blogger Menghasilkan Uang Melalui Iklan

Poin pertama ini, biasanya menjadi sumber pendapatan utama blogger. Jika teman pernah melihat dan membaca beberapa artikel online di internet, biasanya dalam artikel terdapat berbagai jenis iklan.

Iklan tersebut adalah sumber pendapatan dari blogger, so bagi kita pembaca sebisa mungkin memaklumi itu, meski kita tahu bersama terkadang iklan sering mengganggu karena menutup konten dan lain sebagainya.

Jika menemukan hal seperti itu, silakan mengontak admin blog dan memberitahu mereka bahwa iklan di blog mereka mengganggu, misalnya karena menutup konten artikel.

Blogger yang memanfaatkan monetisasi iklan di blognya, biasanya memilih dua metode periklanan. Yaitu iklan otomatis dan iklan manual (mandiri).

Iklan otomatis biasanya adalah iklan yang terpasang di blog secara otomatis, tanpa harus mencari pengiklan. Iklan jenis ini biasanya disediakan oleh layanan periklanan. Misalnya: Google Adsense, Revenuehits, Mgid, dan masih banyak lagi.

Sementara iklan manual atau iklan mandiri adalah iklan yang dipasang langsung oleh pihak pengiklan dengan menghubungi langsung blogger bersangkutan, bahwa mereka ingin memasang iklan di blog yang dimiliki blogger tersebut.

2. Blogger Menghasilkan Uang Melalui Jasa Tanam Backlink dari Menulis Artikel Review

Menghasilkan uang melalui jasa tanam backlink pernah saya dapat dua kali dari pihak layanan webhost. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sebenarnya tidak membuat layanan jasa tanam backlink, melainkan saya sebagai blogger dikontak langsung oleh mereka untuk membuat satu artikel di blog saya dan mereview produk webhost bersangkutan, dengan menanam backlink mengarah ke website mereka.

Menanam backlink adalah memasukan anchor text yang berisikan link atau sebuah tautan yang berkaitan dengan artikel yang dibuat. Seperti artikel review. Dengan melakukan ini, saya dibayar lumayan. Meski tawaran tersebut datang dari luar, bukan saya sendiri yang berinisiatif.

3. Blogger Menghasilkan Uang Melalui Afiliasi dan Dropshipper

Mendapatkan uang melalui afiliasi dan dropshipper biasanya berjalan beriringan, meski terkadang ada yang memilih mengikuti afiliasi saja dan dropshipper saja.

Blogger yang menghasilkan uang melalui afiliasi biasanya menulis tulisan-tulisan review di blognya dengan menautkan link afiliasi mengarah ke produk yang diulasnya. Dimana ketika ada konsumen yang terpikat dan mengikuti afiliasi tersebut dan membeli produk yang ditawarkan maka blogger akan mendapatkan komisi dari tindakan tersebut.

Mirip seperti dropshipper namun afiliasi lebih kepada membangun jaringan. Sementara dropshipper hanya menawarkan produk atau menjual produk dan mendapatkan penghasilan dari komisi penjualan saja. Tidak dengan membangun jaringan.

4. Blogger Mendapatkan Uang dengan Menjual Jasa dan Keahlian

Menjual jasa dan keahlian termasuk salah satu cara blogger untuk menghasilkan uang. Bahasa kerennya istilah ini dikenal sebagai influencer atau freelancer.

Dimana blogger melalui jasa dan keahlian yang ditawarkannya akan didatangi klien atau pelanggan yang memerlukan jasa mereka.

Banyak model bisnis seperti ini, misalnya dengan membuka forum belajar online, jasa membuat dan desain website, jasa desain logo perusahaan, komunitas, dan umum, serta jasa dan layanan lainnya berdasarkan keahlian yang dimiliki blogger.

Contoh kecilnya, blogger yang mempunyai keahlian membuat vector bisa membuka jasa pembuatan vector bagi kliennya dan mendapatkan bayaran dari keahliannya itu.

5. Blogger Mendapatkan Uang dengan Menjual Produk Sendiri

Blogger yang mendapatkan uang dengan menjual produk sendiri biasanya adalah blogger-blogger profesional atau blogger yang secara khusus memanfaatkan blog untuk memasarkan produk atau brand yang dimilikinya.

Contoh kecil, blogger yang ahli dalam desain template blog bisa menjual produk template buatannya, blogger yang seorang penulis bisa menjual buku-bukunya, blogger yang menyukai fashion bisa menjual produk fashion yang dimilikinya, serta masih banyak lagi.

Intinya, semakin seorang blogger tanggap dan cepat dalam menyesuaikan diri untuk menangkap pasar di zaman yang semakin maju ini. Maka kesempatan blogger menjadi sukses dan berhasil mendapatkan uang yang fantastis akan semakin menjanjikan.