Welcome to www.winkamaru.com

Copy Paste Artikel dalam Blogging Boleh Saja, Asalkan...


Halo kawan, kita berjumpa lagi nih. Hari ini ada topik yang sangat menarik dan penting untuk kita bahas. Yakni mengenai persoalan copy paste artikel dalam dunia blogging apakah tindakan seperti itu dibolehkan atau tidak?

Di dalam sebuah forum online grup Blogger Indonesia hari ini saya menemukan seorang kawan blogger yang melakukan protes dengan curhat di grub bahwa artikel blognya kena copas. Dia menghimbau kepada pelaku copas untuk sadar dengan tindakannya.

Satu hal yang saya lihat dari persoalan tersebut ternyata si pemilik blog menerangkan bahwa artikel blognya boleh dan silakan di-copas namun harus menyertakan sumbernya. Sepintas lalu ketika saya amati dan pelajari apa yang terjadi, sebenarnya bingung hendak menyalahkan siapa.

Menurut penilaian saya, orang yang melakukan copas mengikuti keterangan dari pemilik blog bahwa dia melakukan copas artikel kemudian menyertakan sumber di akhir postingan. Yang menjadi masalah ternyata pemilik blog bermaksud bila meng-copas artikel blog miliknya, harus menyertakan link hidup yang mengarah ke artikel blog yang ditulisnya.

Masalah lainnya lagi ternyata, gara-gara artikel copas tersebut malah artikel asli orang yang menulis artikel tersebut hilang dari SERP malah artikel hasil copas-lah yang muncul di hasil pencarian search engine.

Wah... kalau begini jadinya. Maka blog copas akan berjaya, sebab dengan tak perlu ribet-ribet menulis, cukup copas artikel orang lain, blog bisa masuk dan mudah terindex di mesin pencari dong?

Umh... Baguskah itu?

Saya sebenarnya tidak bisa menyalahkan siapa-siapa dari masalah di atas, sebab saya hanya bisa mempelajari dan mengambil hikmah dan belajar dari kejadian tersebut. Saya juga sangat sepakat dengan ribuan blogger lainnya yang mengutuk tindakan copy paste artikel.

Namun saya tak sepakat jika tindakan copy paste artikel itu dilarang. Menurut saya copy paste artikel blog itu dibolehkan selama mengikuti etika. Dimana menghargai karya tulis orang (blogger) lain.

Beberapa hal yang perlu dilakukan bila hendak melakukan copy paste artikel adalah:

1. Silakan Copas Artikel Blogger Lain, Namun Mintalah Izin Terlebih Dahulu

Etika pertama bila hendak melakukan copy paste artikel blogger lain, mintalah izin mereka terlebih dahulu. Biasanya ada blogger yang mengizinkan dan memberikan syarat tertentu, seperti: menyertakan link asli menuju ke artikel penulis aslinya.

Selain itu ada juga blogger yang mengizinkan artikelnya diambil namun bukan untuk tujuan melakukan copy paste secara utuh, melainkan diambil sebagai referensi tambahan untuk melengkapi artikel blog yang akan dibuat si peminta izin. Hingga ada juga blogger yang mengiyakan artikel blognya diambil namun ditulis kembali tanpa mengikuti gaya bahasa maupun gaya penyajian asli oleh si pemilik artikel.

Namun, ketika meminta izin kepada pemilik asli artikel tersebut, jangan serta merta, bila belum menerima balasan dari blogger yang bersangkutan, kita malah langsung mengambil artikel tersebut lalu di-copas ke blog sendiri.

Jika ini dilakukan maka bukan namanya meminta izin, tapi kita sudah mencuri tulisan orang lain tanpa ada konfirmasi sebelumnya dari pemilik asli artikel tersebut.

Untuk saya pribadi, ketimbang melakukan copy paste artikel orang lain secara utuh, mendingan artikel orang tersebut dibagikan secara cuma-cuma sebagai bentuk apresiasi bila menganggap tulisan tersebut bermanfaat dan ingin dibagikan kembali.

Namun sangat bagus apabila artikel tersebut dijadikan sebagai referensi tambahan dalam melengkapi artikel yang kita tulis sendiri. Lebih disarankan...

2. Jika Terpaksa Copas maka Sertakan Link Hidup Menuju Artikel Aslinya

Jika suatu waktu kamu menemukan sebuah artikel yang menurutmu bagus dan bermanfaat, serta ingin membagikan artikel tersebut untuk dibaca banyak orang melalui blog milikmu. Maka silakan melakukan copy paste artikel tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu dengan menyertakan link hidup menuju artikel aslinya.

Poin ke dua ini masih bisa dibilang cukup beretika, karena kita tidak mengakui secara utuh, bahwa itu adalah tulisan yang kita buat sendiri.

Mungkin di luar sana ada aturan yang dibuat beberapa orang dan melarang tindakan seperti ini. Tapi, jika masih beretika maka bolehlah.

Hanya saja, memang sangat disarankan bagi blogger sebisa mungkin untuk menciptakan konten original di blognya secara mandiri atau melansir tulisan blogger lain dengan cara yang wajar. Sebab pada kenyataannya blogger adalah seorang penulis blog bukan seorang copaser.

3. Tidak Semua Artikel Blog Boleh Kita Copas

Copy paste artikel dalam dunia blogging memang dibolehkan, tapi tidak semua artikel blog milik blogger lain bisa dengan sesukanya kita copas.

Ada batasan mengapa artikel-artikel blog tersebut sebaiknya tidak boleh di-copas.

Hal ini terutama pada artikel blog sejenis review dan merupakan artikel blog yang bersifat komersil. Jadi, jika nantinya hendak melakukan copy paste artikel blog orang lain sejenis artikel review yang biasanya merupakan artikel komersil jangan pernah dilakukan meski nantinya hendak menyertakan sumber.

Sebab artikel seperti itu ditulis dengan hasil riset termasuk analisis yang mendalam dimana dilakukan oleh seorang blogger secara serius. Sebagaimana pengalaman Kang Yudiono dalam blognya menyebutkan jangan pernah salah mengartikan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Jadi jika menurut kita artikel blog orang lain memiliki reputasi yang baik di mesin pencari, silakan amati dan pelajari penulisan artikel tersebut, tirulah gaya dan metode penyampaiannya, lalu modifikasi dengan karakter menulis yang kita miliki dan terapkanlah pada topik atau judul artikel yang berbeda.

Jangan malah melakukan copas artikel tersebut demi kepentingan komersil untuk menghasilkan uang namun artikel yang diterbitkan bukan hasil dari riset yang dilakukan sendiri.

Saran-Saran...
  • Meski copy paste artikel blog itu dibolehkan, sebaiknya sebagai seorang blogger kita wajib menjaga hubungan baik dengan blogger lain dengan tidak sembarangan melakukan copy paste artikel blog tanpa meminta izin dan mendapatkan konfirmasi dari pemilik artikelnya.
  • Kalau bisa sebaiknya menulislah sendiri dengan menjadikan tulisan blogger lain sebagai bahan referensi untuk melengkapi informasi dan keabsahan tulisan yang kita tulis nantinya. Sebab sebagai blogger kita adalah penulis bukan copaser.
  • Hati-hati ketika hendak melakukan copy paste artikel blog yang menurut kita informatif, sebab di luar sana banyak beredar informasi palsu yang menyesatkan. Sebisa mungkin saringlah informasi yang akan dibagikan. Jangan sampai isi artikel menyinggung dan bisa memicu konflik SARA atau malah ternyata cuma Hoax belaka.

Selamat beraktivitas online dan selamat ber-blogging ria. Menulislah dengan jujur, sebab itu adalah sebuah proses suci dan mulia serta sangat penting dibangun sejak dini bagi setiap blogger. Tak perduli ia sebagai blogger yang sudah profesional atau pun masih pemula...