Welcome to www.winkamaru.com

Cara Periksa Typo Artikel Secara Offline


Saat menulis artikel, baik itu menulis artikel ilmiah maupun menulis artikel untuk blog. Pasti kita selalu kewalahan dalam memeriksa typo atau kesalahan ketik yang terdapat dalam artikel.

Umumnya memperbaiki dan menemukan tulisan typo akibat kesalahan ketik digital, dapat dilakukan secara manual. Dimana saat melakukan penyuntingan kita akan membaca seluruh artikel dari awal hingga menemukan typo atau kesalahan ketik lalu diperbaiki satu-satu.

Tentu cara di atas bisa memberikan rasa lelah dan kadang menguras banyak waktu.

Untuk mempermudah hal tersebut, kita bisa saja menggunakan aplikasi periksa typo online. Tetapi cara cek menggunakan typo online dirasa tidak begitu efisien bilamana kita membutuhkan aplikasi periksa typo saat itu juga tanpa membutuhkan koneksi internet.

Pada ulasan kali ini, saya melalui blog sederhana saya winkamaru.com punya solusi mudah yang bisa secara khusus digunakan para penulis artikel atau secara umum bisa digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki typo pada artikel maupun tulisan yang kita buat. Bisa dilakukan secara offline dan dikhususkan untuk artikel dalam bahasa indonesia.

Untuk melakukannya, kita membutuhkan sebuah software atau aplikasi khusus yaitu Aplikasi Periksa Kata atau aplikasi cek typo offline yang dapat berjalan dalam sistem operasi windows.

Langkah 1
Silakan download aplikasi cek typo --Periksa Kata, melalui link di bawah ini:

 http://bit.ly/2RivWj8  

Caranya, copy dan paste link di atas pada tab baru di browser anda, untuk membuka link pengunduhan aplikasinya.

Langkah 2
Setelah aplikasi berhasil diunduh, silakan langsung menginstalnya di windows atau laptop anda.

Langkah 3
Silakan buka aplikasi periksa kata untuk mulai memeriksa kesalahan ketik (typo) dalam artikel atau tulisan yang kita buat.

buka aplikasi periksa kata untuk mencari tulisan typo
Langkah 4
Silakan pilih buka, untuk mencari dokumen artikel (tulisan) yang akan diperiksa, atau kita juga bisa meng-copy seluruh artikel lalu di-paste-kan ke dalam aplikasi periksa kata.

screenshoot aplikasi periksa kata
Perhatian!
Aplikasi periksa kata hanya support untuk membuka dokumen artikel yang berekstensi RTF File dan TXT (Notepad). Tidak support extensi file dari Ms. Word. Jadi silakan untuk menyimpan artikel Ms. Word atau tulisan anda ke dalam format RTF supaya dapat dibuka dalam aplikasi periksa kata. Atau secara manual silakan lakukan copy paste artikel ke dalam aplikasi periksa kata.

Langkah 5
Setelah memasukan isi artikel ke dalam aplikasi, lanjutkan dengan memilih menu 'periksa' sehingga aplikasi akan mencari kata salah ketik (typo) di dalam artikel atau tulisan kita. Setelah itu, kita tinggal mengubah kata yang salah dengan kata yang benar.

pilih periksa kata untuk menemukan tulisan typo
Langkah 5
Setelah selesai memeriksa seluruh kata salah ketik akibat typo. Silakan untuk memilih simpan artikel ke format RTF atau TXT file.

Selesai.

demo aplikasi cek typo artikel

Jika punya pertanyaan mengenai penggunaan aplikasi di atas, silakan berkomentar di bawah.

Perhatian!
Beberapa windows kadang tidak support menggunakan aplikasi ini. Terutama windows 8 dan windows 10. Saat menjalankan aplikasi di atas saya menggunakan windows 7 - versi 64 bit.

Sekian, semoga bermanfaat...