Type something and hit enter

author photo
By
Banyak sobat blogger yang mungkin pada suatu waktu memiliki masalah dengan halaman blognya yang telah sengaja dihapus atau tidak lagi tersedia, sehingga bila nantinya ada yang mengunjungi halaman blog tersebut malah hanya akan menampilkan url dengan halaman error 404 dikarenakan link yang dikunjungi sudah mati, tidak tersedia, atau telah dihapus.
Halaman Error 404 Redirect Page 
Jika halaman error yang terdapat di blog hanya sedikit dan bisa dihitung, itu tidak menjadi masalah karena link-link tersebut dapat kita perbaiki dengan mengalihkan atau melakukan redirect URL halaman error ke URL yang valid satu persatu hingga semua masalah terselesaikan.

Masalahnya jika ternyata halaman URL error 404 yang terdapat di blog terlampau banyak karena terjadinya penghapusan masal link-link artikel oleh admin blog, maka alternatifnya adalah kita bisa melakukan pengalihan URL error 404 tersebut secara otomatis ke halaman homepage (beranda) blogger maupun ke halaman khusus misalnya halaman informasi mengapa pengunjung menemukan halaman URL error 404 di blog kita.

Nah, karena itu simaklah tutorialnya melalui ulasan berikut:

Tahap awal untuk melakukan redirect URL halaman error 404 di blogger, silakan masuk ke menu Tema > Edit HTML. Lalu carilah kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; lalu letakan kode berikut ini di atas kode tadi.

 <b:if cond='data:view.isError'>  
 <script>  
 window.location.href = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;  
 </script>  
 </b:if>  

Lalu pilih simpan tema

Namun jika nantinya teman-teman ingin mengalihkan Halaman Error 404 ke halaman atau URL khusus maka gunakan kode berikut:

 <b:if cond='data:view.isError'>  
 <script>  
 window.location.href = &quot;[link_halaman_disini]&quot;;  
 </script>  
 </b:if>  

Pada kode di atas tersebut, silakan ganti link_halaman_disini dengan URL khusus atau link tujuan dari setiap halaman error 404 yang dikunjungi pembaca.

Misalnya menjadi seperti ini:

 <b:if cond='data:view.isError'>  
 <script>  
 window.location.href = &quot;https://namablog.blogspot.com/p/lapor-halaman-error.html/&quot;;  
 </script>  
 </b:if>  

Di atas saya mencotohkan untuk memasang URL Redirect halaman Error 404 supaya otomatis mengarah ke halaman pelaporan halaman error oleh pengunjung.

Cara terakhir menjadi saran yang paling recomended dikarenakan dengan begitu admin blog akan mendapatkan laporan mengenai link url blognya yang mengalami error dari pengunjung dan supaya segera mungkin dapat diperbaiki.

Namun, semua dikembalikan kepada pemilik blog hendak diarahkan kemana setiap halaman Error 404 yang terdapat di dalam blog kepada pengunjung blognya nanti.

Dengan mengikuti tutorial ini teman-teman punya kebebasan untuk melakukan redirect halaman error 404 ke link yang diinginkan daripada hanya diarahkan ke homepage blog.

Semoga bermanfaat...

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus