Welcome to www.winkamaru.com

Salah Kaprah Terhadap Pemaknaan Syirik, Sirik, dan Iri


Kamu pasti pernah di suatu waktu menemukan seorang teman yang cukup usil dan mengganggu bukan? Dalam dalam keadaan kamu diganggu terkadang kamu pasti akan mengeluarkan kata yang bunyinya kira-kira begini!

“Dasar ‘Sirik’...”

Meski demikian terkadang kamu pasti nggak sadar sebenarnya yang kamu bilang itu syirik? Ataukah Sirik?

Entah apakah syirik atau sirik yang tahu pasti hanya kamu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apakah mereka yang mendengar mengetahui apa sebenarnya yang kamu ucapkan?

Kemungkinan besar mereka akan menganggap yang keluar dari mulut kamu pasti “syirik” yang maknanya kira-kira mengisyaratkan bahwa mereka iri dengan yang ada pada diri kamu.

Padahal pada kenyataannya hanya kamu yang tahu bahwa kamu sebenarnya mengucapkan ‘syirik’ atau ‘sirik’.

Saya pun tak tahu dan tidak berani menerka-nerka apa sebenarnya yang kamu ucapkan!

Sekarang mari kita telisik lebih jauh!

Saya pernah menemukan kasus serupa dengan persoalan ini. Pernah suatu waktu di forum chat grub WhatsApp seorang junior saya mengalami hal yang tidak menyenangkan karena diganggu oleh salah seorang yang lebih senior dari saya. Dan junior saya tersebut yang merasa terganggu mengeluarkan kata “syirik” dalam forum chat tersebut ditujukan untuk senior yang di atas saya tadi.

Untuk persoalan ini kita bisa melihat secara langsung kata “syirik” yang dilontarkan junior saya tersebut bermaksud menyampaikan maksud bahwa senior di atas saya sedang iri dengan junior saya.

Mengapa saya bisa tahu “syirik” dan bukan “sirik” yang terlontar dari ucapannya? Karena forum chat Grub WhatsApp berbasis teks dan bukan lisan. Untuk urusan lisan entah “sirik” atau “syirik” kita tidak akan tahu apa sebenarnya yang diucapkan. Namun ketika itu pada bahasa tulis semunya menjadi jelas.

Ini sebenarnya adalah salah kaprah orang indonesia dalam memaknai kata ‘syirik’ untuk menyampaikan kata yang memiliki makna iri. Padahal kata ‘syirik’ dalam bahasa indonesia mempunyai kedudukan dan makna sendiri. Jauh dari pemaknaan iri.

Dalam Kamus Besar BI kata Syirik “Penyekutuan Allah (Tuhan) dengan yang lain, misalnya pengakuan kemampuan ilmu daripada kemampuan dan kekuatan Allah, pengabdian selain kepada Allah Taala dengan menyembah patung, tempat keramat, dan kuburan, dan kepercayaan terhadap keampuhan peninggalan nenek moyang yang diyakini akan menentukan dan mempengaruhi jalan kehidupan;”

Sehingganya bilamana maksud kita adalah untuk mengatakan kata “iri” pada orang yang mengganggu kita dengan kata “Syirik”. Bisa kita pastikan ini adalah salah kaprah dan merupakan penggunaan kata yang tidak tepat.

Bunyi dari “syirik’ atau “sirik” dalam Bahasa Indonesia memang sulit dibedakan karena memiliki kemiripan bunyi.

***

Salah kaprah tersebut terjadi bukan hanya dikarenakan oleh bunyi yang sama dari kedua kata tersebut. Tetapi salah satu dari kata tersebut yaitu kata ‘sirik’ berdasarkan Kamus Besar BI online. Mempunyai makna: iri hati atau dengki.

Sehingganya penggunaan kata “Sirik” terhadap orang yang usil dan mengganggu kita itu dibenarkan berdasarkan kamus. Namun ketika orang indonesia yang menyerap, mendengar dan mengucapkan kata “Sirik” menjadi “Syirik” menjadi penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dalam komunikasi. Meski demikian tidak terlalu bermasalah bila hanya terjadi pada komunikasi lisan. Sebab secara spesifik, bunyi kedua kata tersebut sulit untuk dibedakan.

Sebagai bahan tambahan dan untuk menguatkan bahasan dalam tulisan ini, saya sarankan untuk melakukan pengecekan kata “Syirik, Sirik, dan Iri” melalui KBBI online di KBBI.web.id

Kesimpulan
  • Kata Syirik penggunaanya hanya cocok untuk memaknai sesuatu yang berhubungan dengan kemusyrikan atau sesuatu yang menyekutukan Tuhan
  • Kata Sirik penggunaannya cocok untuk memaknai iri hati atau dengki.
  • Kata Iri penggunaannya untuk memaknai kecemburuan melihat orang lain yang lebih dari diri kita

Sekarang di akhir tulisan ini! Saya ingin membuat pertanyaan. Apa kata yang kamu ucapkan kepada orang yang usil kepada kamu? Mana yang Benar Syirik atau Sirik! Bisa dijawab di komentar blog...