Type something and hit enter

author photo
By
Saya mengenal blog kurang lebih beberapa tahun lalu di pertengahan tahun 2012. Sebelum mengenal blog seperti sekarang, saya dulunya masih anak kampung yang tidak tahu apa-apa tentang dunia online. Bahkan sosial media pertama yang saya miliki waktu itu cuma facebook.

Sebagai pengguna facebook saya adalah kategori anak alay yang hampir setiap aktivitas penting dan nggak penting pasti masuk dalam status-status saya di facebook.

Sampai-sampai kalau kamu mau melakukan Stalking mengenai aktivitas saya waktu itu. Kamu akan tahu apa saja yang sedang saya kerjakan dan di mana saya saat itu. Bahkan jika ada yang berniat jahat maka mereka bisa saja mencegat saya di tempat-tempat yang saya kunjungi.
win kamaru
Baiklah kita lanjutkan lagi!

Saya mengenal blog itu secara tak sengaja. Ketika waktu itu membaca salah satu artikel online yang dibagikan di facebook. Saya sudah lupa detail mengenai link yang saya baca waktu itu.

Namun satu hal yang kemudian membuat saya tertarik adalah dalam tulisan tersebut dikemukakan bahwa dengan blog kita bisa menuliskan berbagai hal yang kita inginkan termasuk diary, cerpen, puisi, dll.

Kebetulan pada waktu itu saya suka menulis beberapa puisi, sehingganya setelah membaca artikel tersebut saya akhirnya memutuskan untuk membuat blog dan menulis di sana.

Tidak menunggu lama akhirnya terciptalah satu buah blog waktu itu dengan alamat websitenya "sidharly.blogspot/dot/com" sekarang sudah tidak tersedia dihapus google karena melanggar pedoman dan banyak melakukan pelanggaran hak cipta.

Pelanggaran tersebut dikarenakan pada blog saya yang beralamatkan "sidharly blogspot" sangat banyak diisi oleh artikel-artikel hasil curian atau hasil copas dari blog lain.

Semula saya berpikir copas artikel blog itu tidak masalah dan sah-sah saja. Belakangan baru saya tahu bahwa tindakan saya merupakan pelanggaran dan masuk dalam kategori pencurian hak cipta atas kekayaan intelektual orang lain.

Untung saja pencurian konten di blog tidak sampai pada urusan hukum dan imbasnya blog saya dihapus google secara permanen bahkan untuk mendaftarkan ulang blog dengan nama tersebut tidak tersedia lagi karena google telah melakukan penyekalan agar siapapun tidak bisa menggunakan alamat tersebut untuk membuat dan mendaftarkan blog baru.

Saya juga sempat membuat blog pribadi yang berisi puisi-puisi saya. Entah bagiamana sekarang blog tersebut tidak lagi dapat saya akses dan sekarng pun blognya sudah di hapus.

Ringkas cerita akhirnya tibalah saya pada blog saya yang sekarang ini. Memulai segala sesuatunya dari awal lagi. Saya sudah tobat untuk melakukan copas artikel, karena lama membangun sebuah blog apabila dipertengahan jalan dihapus google pasti rasanya sakit sekali.

Apalagi jika kita sudah menaruh harapan bahwa blog itu pasti akan masuk ke fase kejayaannya. Nyatanya malah ditendang dan dilengserkan kekuasaannya oleh pemilik jagad maya mbah google itu.

Di Blog saya yang sekarang ini, awalnya saya menuliskan pendapat-pendapat saya pribadi, terkadang sedikit berargumen, menulis cerpen, dan puisi. Serta tulisan-tulisan sederhana mencurahkan isi kepala dan melatih kemampuan menulis saya.

Namun pada akhirnya saya berpikir melalui blog ini saya akan sharing ilmu dan pengetahuan saya seputar blogging. Hitung-hitung berbagi pengalaman.

Harapan saya dikarenakan, saya ingin blog sederhana ini bisa menjadi blog Asset yang bisa memberikan manfaat finansial. Insya Allah..

Sekarang bersama blog ini, saya telah belajar banyak hal dan berkesimpulan bahwa blogging adalah aktivitas online yang harus dibarengi dengan tanggung jawab.

Kita tidak boleh melakukan keinginan semaunya hanya karena menuntut hak sebab ada hak orang lain yang harus kita hargai.

Termasuk dengan tidak lagi melakukan pencurian konten berupa artikel di blog-blog orang lain kemudian di post ke blog sendiri. Karena itu merupakan tindakan terlarang dan cukup memalukan apalagi tindakan tersebut samahalnya dengan mencuri dan sangat tidak terpuji.

Tulisan ini saya buat sebagai bentuk apresiasi saya terhadap mereka yang menghargai karya orang lain sekaligus refleksi akan beberapa kesalahan yang pernah saya lakukan saat memulai blogging.

Semoga bisa menjadi pembelajaran untuk teman-teman blogger yang saat ini mungkin masih melakukan aktivitas terlarang ini di dunia blogging.

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus