Type something and hit enter

author photo
By
Blogger atau seseorang yang beraktivitas melalui blogging adalah manusia biasa yang kesehariannya sering diisi dengan menulis dan menulis.

Mencurahkan apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka lihat, apa yang mereka kagumi, termasuk menulis sesuatu yang mereka sedang tidak senangi.
Bagaimana sih peran blogger bagi daerah dan tanah kelahirannya?
Dengan menjadi blogger siapapun dapat memperhatikan seluruh persoalan negeri dan mengkritik apa yang perlu ia kritik, membela apa yang perlu ia bela, termasuk mengemukakan pendapat akan sebuah hal yang dianggapnya penting. Menjadi seorang blogger berarti menjadi siap.

Siap menghadapai persoalan, memikul beban, dan mempertanggungjawabkan segala hal yang ditulis, termasuk siap menjadi orang penting yang memiliki perannya sendiri-sendiri berdasarkan visi yang dia ciptakan.

Blogger Daerah misalnya! Mereka adalah sekelompok blogger atau seorang blogger yang berasal dan mencurahkan dedikasinya juga untuk kepentingan daerah yang mereka cintai.

Tidak jarang melalui tangan-tangan kreatif mereka dan rasa yang dimilikinya. Menjadikan mereka tanggap dan jeli akan perkembangan dan problem negeri yang harus diperhatikan. Termasuk mencanangkan visi-misinya sendiri berkarya dan berbakti kepada daerah yang dicintainya dengan caranya.

Melalui menulis di jejaring online dan bermediakan blog. Suara dan kebanggan itu mereka curahkan juga.

Ingin rasanya menjadi bagian penting dari blogger yang seperti ini.

Andai daerah saya (Taliabu) punya blogger yang seperti itu? Pasti informasi menjadi sangat penting, dan daerah* ini menjadi lebih banyak dikenal. Potensi untuk maju dan berkembang pun terasa seperti semakin dekat.

Setiap hari pertumbuhan pengguna internet semakin tinggi. Akses internet diberbagai daerah hingga ke pelosok semakin membaik. Laju informasi online semakin deras dan mudah sampai kepada penggunanya.

Blogger daerah yang baik dan bijak akan selalu mengutaman visinya demi memperkenalkan daerahnya: Mencintai adat, seni pertunjukan daerah, mencintai budayanya yang khas, mengapresiasinya dan membanggakannya hingga mengangkat dan memperkenalkannya pada dunia melalui aktivitas blogging yang sederhana itu.

Entah ada yang menyadarinya atau tidak. Blogger adalah orang yang memiliki medianya sendiri dan berpotensi menjadi sebuah sumber informasi bermanfaat bagi siapa saja. Mereka juga dapat berperan penting untuk daerahnya.

Kesempatan tidak harus dibuang melainkan diambil, dikemas dan dijadikan ciamik biar lebih menarik. Blogger harus jeli dan pandai membangun imaji agar memberikan stimulun dan godaan bagi pembaca tulisannya dan dia seharusnya tidak diam atau hanya memikirkan kehidupannya sendiri. Dia punya tanggung jawab dan peran penting terhadap daerahnya:

Peran utama seorang Blogger adalah berpihak sebagi media dan sumber informasi. Namun untuk kebaktiannya pada daerah termasuk negara mereka memiliki tanggungjawabnya sendiri-sendiri.

Beberapa di antaranya:

1. Dengan Medianya, seorang Blogger memiliki peran penting Bagi Informasi Destinasi Wisata Daerah


Peran blogger bagi Destinasi Wisata tentu adalah sebagai bagian penting yang berusaha memperkenalkan tempat-tempat wisata unik dan menarik yang ada di daerahnya. Termasuk hal-hal apa saja yang akan menjadikan pengunjung atau pelancong bakal tertarik, betah bahkan menjadi penasaran terhadap salah satu atau beberapa tempat wisata yang diulas menarik dalam tulisannya.

Hal positif yang bisa didapat yaitu: tempat wisata yang dipromosikan akan menjadi lebih dikenal di dunia luar. Nusantara bahkan mancanegara.

Potensi kunjungan para pelancong ke daerah menjadi lebih tinggi. Selain itu, hal ini bisa meningkatkan pendapatan daerahnya termasuk pendapatan masyarakat di daerah.


2. Blogger dapat Berperan Sebagai Pemerhati Lingkungan


Tidak banyak orang yang menyadari bahwa menjaga lingkungan itu penting untuk membangun kehidupan yang sehat. Sebagai blogger selain memanfaatkan media yang dimilikinya mereka juga dapat berperan sebagai pemerhati lingkungan dengan menuliskan kritik dan himbauannya pada tulisan-tulisan di blog yang dimilikinya.

Selain itu, bersama-sama dengan komunitas yang mereka miliki. Blogger dapat menunjukkan aksi nyata turun ke lapangan dan melakukan bakti sosial memberikan contoh dan memberikan kesadaran kepada masyarakat sekitar agar lebih memperhatikan lingkungan dan mencintai hidup sehat.

Hal ini bukan berarti harus dilakukan oleh pekerja kesehatan saja, melainkan siapa saja yang memiliki pandangan bahwa menjaga lingkungan dan hidup sehat itu baik untuk kemajuan suatu bangsa atau daerah. Maka mereka memiliki tanggungjawab yang sama memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Bila blogger daerah telah memiliki andil dan peran nyata seperti ini terhadap daeranya. Maka potensi untuk menjaga kehidupan yang sehat, potensi bersosialisasi, dan potensi untuk memajukan daerah dari segi kesehatan akan sedikit terbantu dan tentunya akan menumbuhkan kesadaran untuk menjaga dan memperhatikan lingkungan bersama-sama.


3. Sebagai Media Pembantu, Berpromosi Usaha Dagang Warga (UKM)


Sebagai blogger yang banyak menaruh perhatiannya kepada daerah. Kita dapat membantu atau menjalin hubungan yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) antara kita sebagai blogger dan warga/masyarakat yang menjalankan UKM untuk menawarkan jasa dan mempromosikan Usaha Dagang mereka secara online.

Sehingga menjadikan produk-produk UKM menjadi dikenal di luar daerah dan dapat menciptakan pangsa pasar yang lebih luas.

Pihak UKM akan mendapatkan pembeli dari luar dan usaha yang tadinya hanya beredar dalam lingkungan sekitar dapat dikririmkan ke luar daerah. Merupakan sebuah prestasi yang gemilang dan sangat bagus untuk membantu meningkatkan pendapatan warga yang menjalankan UKM di daerah.

4. Mempunyai Peran Penting Bagi Pendidikan


Blogger melalui blog dan media yang ciptakannya. Memiliki peranan penting bagi pendidikan dikarenakan di sana penulis sebagai blogger dapat menyajikan informasi-informasi penting yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan wawasan bagi pembacanya.

Terutama informasi berupa Ilmu Pengetahuan Umum, disusul informasi berupa berita, tutorial, dan tips-tips yang dapat membantu pelajar atau pengajar dalam memperkaya wawasan dan gagasannya.

Tidak jarang di era sekarang ini murid bahkan masyarakat umum menjadi lebih cerdas. Informasi telah berkembang pesat.

Belajar dapat dilakukan dimana saja termasuk melalui media online membaca artikel hingga streaming video.

Ini membuktikan seorang blogger memiliki tanggung jawab besar terhadap pendidikan. Sehingga hal tersebut mengontrol dirinya dalam membagikan informasi yang berkualitas bagi pembacanya. Sehingga terciptalah jalur yang baik dan informasi menjadi bermanfaat dan penting.

5. Sebagai Motivator dan Sumber Inspirasi Pembacanya


Seorang blogger berperan sebagai motivator adalah tanggung jawab yang sangat besar lagi sulit. Sebab sebagai motivator dia harus menunjukkan kualitas diri yang sesuai sehingga pembaca bisa percaya dan terinspirasi dari dirinya. Pembaca akan termotivasi dari ajaran-ajaran yang dia kemukakan dalam blognya.

Blogger motivator adalah blogger yang perhatian khususnya membangun semangat juang termasuk semangat belajar pemuda/i masa kini. Kids jaman now yang masih labil agar mudah menemukan jati diri mereka dan tidak mudah putus asa mengejar dan menggapai cita-cita yang mereka inginkan.

Kamu pasti seorang blogger dengan visi-misimu sendiri. Jika kamu adalah salah satu dari blogger di atas silakan menyampaikan pendapatmu biar saya bisa belajar dari pendapat-pendapat kamu.

Bagi kamu yang punya pendapat lain atau tambahan dari tulisan ini. Sempatkan juga untuk berkomentar. siapa tahu kita dapat berdiskusi ringan dan saling membagikan pendapatan.

Stay happy semoga berkesan dan bermanfaat...

dt, Blogger Taliabu

0 komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, termasuk berpromosi jasa dan lain-lain. Karena akan langsung dihapus