Welcome to www.winkamaru.com

Chairil Anwar: Cintaku Jauh di Pulau


Ini adalah hari yang cukup melelahkan, meski tak seletih memikul ubi dan bahan makanan lain yang diambil dari kebun. Tetapi rasa letih itu tetap saja ada, meski rasanya mungkin saja berbeda untuk tiap orang.

Sudah dua hari lebih masih di depan PC. Bukan meninggalkan pekerjaan lain tapi masih menyelesaikan editing video "Musikalisasi Puisi Chairil Anwar - Cintaku Jauh di Pulau" yang kebetulan di Musikalisasi Puisikan oleh teman-teman se komunitas "KMP Bastrasia" sebuah Komunitas Musikalisasi Puisi.


Tidak ada yang lebih bahagia dari kebahagiaan lain selain memiliki kesibukan yang mungkin saja bagi orang lain ini bukan sebuah kesibukan. Barangkali!

Baiklah apa itu "CINTAKU JAUH DI PULAU?"

Jawab: 'CINTAKU JAUH DI PULAU' adalah salah satu Puisi yang ditulis oleh Chairil Anwar.

Dalam puisi tersebut kita dapat memetik hikmah yang begitu besar. Dimana puisi tersebut menceritakan sepasang kekasih yang terpisah oleh jarak dan waktu, namun mereka tetap semangat serta yakin untuk bisa bertemu. Berikut ini adalah isi puisinya

CINTAKU JAUH DI PULAU
Karya: Chairil Anwar

Cintaku Jauh Di Pulau,
gadis manis, sekarang iseng sendiri
Perahu melancar, bulan memancar,
di leher kukalungkan oleh-oleh buat si pacar.
angin membantu, laut terang, tapi terasa
aku tidak ‘kan sampai padanya.
Di air yang tenang, di angin mendayu,
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertakhta, sambil berkata:
“Tujukan perahu ke pangkuanku saja,”
Amboi! Jalan sudah bertahun ku tempuh!
Perahu yang bersama ‘kan merapuh!
Mengapa Ajal memanggil dulu
Sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!
Manisku jauh di pulau,
kalau ‘ku mati, dia mati iseng sendiri.

Setelah membaca puisi Chairil Anwar di atas, teman-teman mungkin memiliki pemahaman dan pemaknaan lain mengenai puisi tersebut bukan? Alangkah baiknya kalau teman-teman bisa memberikan komentar dan beberapa pemahaman teman-teman mengenai pemaknaan Puisi Tersebut.

Makna puisi ini, bersama teman-teman KMP Bastrasia kami mencoba mengapresiasi dan menginterpretasinya ke dalam Musikalisasi Puisi yang teman-teman dapat saksikan di Chanel Youtube KMP BASTRASIA.


Kalau berkunjung ke Channel KMP Bastrasia, jangan lupa subscribe ya! Sekalian beri komentar kalian di sana. Karena kritik kalian semua. Win Kamaru bersama teman-teman KMP Bastrasia akan terbantu dan termotivasi.

Sekian dulu ya...

Tulisan singkat ini hanya untuk menghilangkan lelah saja, padahal sama sekali tak menghasilkan apa-apa.

Enjoy...