Welcome to www.winkamaru.com

Pergi Kemana Tanggal 9 Maret 2016?


Mungkin beberapa dari kawan-kawan yang membaca tulisan ini sudah memiliki rencana yang akan dilakukan pada tanggal 9 maret 2016. Bagi sang pemburu pasti di tanggal tersebut sudah menyiapkan segala keperluan, memastikan dan memantapkan diri di daerah-daerah tertentu untuk mengambil momen langka di tanggal tersebut.

Kemungkinan besar akan memilih 11 provinsi ini: Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Ada apa sebenarnya di tanggal 9 Maret 2016?

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang membuat tanggal ini beda dari tanggal lainnya. Hanya saja tanggal ini ternyata telah menjadi perhatian dan dilirik seluruh dunia untuk dapat menyaksikan fenomena langka yang hanya terjadi 33 tahun sekali.

Ya... Gerhana Matahari Total tahun ini dilansir akan melintasi 11 provinsi yang ada di indonesia dan akan terjadi untuk yang berikutnya sekitar 350 tahun setelah tanggal 9 maret 2016. So, apa lagi yang kawan-kawan pikirkan?

Source: tempo.co

Mau menunggu 350 tahun untuk dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total di Indonesia? atau ini akan menjadi target dan buruan kawan-kawan mendokumentasikan fenomena alam unik yang hanya terjadi 33 tahun sekali dan butuh 350 tahun kedepannya untuk menyaksikan fenomena serupa di indonesia.

Bagi anda yang mungkin belum mengetahui spesialnya tanggal 9 maret 2016 tahun ini. Mungkin dari sekarang mulai bergairah untuk memburu Gerhana Matahari Total di Indonesia.

Beberapa referensi yang saya dibaca disebutkan bahwa jalur 2016 GMT (Gerhana Matahari Total) akan bermula di Palembang, Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

Sementara untuk orang-orang yang berada di Kota Padang, Jakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon hanya bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian.

Di Gorontalo sendiri dilansir dalam www.hargo.co.id bahwa 98% GMT 2016 dapat dilihat di tiga titik. Titik-titik tersebut diantaranya: Di Taludaa, Bone Pantai dan Pantai Olele.

Ketiga titik tersebut berada di Kabupaten Bone Bolango. Lokasi strategis berada untuk mengamati GMT 2016 tahun ini terutama di kawasan perbukitan, seperti lokasi benteng otanaha, dan kawasan kantor Gubernur Gorontalo.

Selain itu Gerhana Matahari Total yang terjadi hampir 98% tersebut akan membuat gorontalo gelap gulita di tanggal 9 maret 2016 mendatang, dikarenakan matahari akan tertutup sekitar 97-98 persen.

KHUSUS YANG DI GORONTALO IKUTAN YUK? TAPI NGAJAK YAH... HEHEHE...

Referensi: www.nationalgeographic.co.id dan www.hargo.co.id